oleh

Kaya Serat dan Antioksidan, Berikut Manfaat Beras Cokelat

SMJTimes.com – Beras cokelat menjadi salah satu alternatif karbohidrat pengganti beras putih yang dianggap jauh lebih sehat.

Biasanya, beras cokelat menjadi pilihan bagi mereka yang tengah menjalani program diet. Padahal, manfaat beras merah tak hanya sekadar menurunkan berat badan.

Beras cokelat merupakan biji-bijian utuh yang tidak dimurnikan. Produksi beras jenis ini dengan cara membuang kulit biji beras di sekitarnya.

Berbeda dengan beras putih, beras cokelat memiliki tekstur yang lebih kenyal ketika masak menjadi nasi.

Jika dibandingkan dengan beras putih, beras cokelat dianggap lebih sehat dan kaya nutrisi. Pasalnya, proses penggilingan yang mengubah butiran cokelat menjadi beras putih ternyata dapat menghilangkan sebagian besar nilai gizi beras.

Baca Juga :   Insomnia? Terapkan 8 Tips Berikut

Beras cokelat kaya akan mineral yang penting seperti mangan, zat besi, seng, fosfor, kalsium, selenium, magnesium, dan kalium.

Vitamin yang terkandung di dalamnya termasuk vitamin B, yakni vitamin B1 (tiamin), vitamin B3 (niasin), dan vitamin B6, folat, vitamin E (alfa-tokoferol), dan vitamin K.

Selain itu, beras cokelat memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh. Berikut ini manfaat mengonsumsi beras cokelat.

  1. Membantu mengelola diabetes

Memiliki kadar indeks glikemik (GI) yang rendah membuat beras cokelat bisa membantu orang yang mengonsumsinya mengurangi lonjakan iinsulin dan membantu menstabilkan kadar gula darah dalam darah.

Jika dibandingkan, GI pada beras putih senilai 72, sementara itu pada beras cokelat sebesar 50.

Komentar