Digadang-gadang Bisa Atasi Penyebaran Covid-19, Apa Itu Herd Immunity?

Baca juga: Kilas Balik Peringatan Hari Kesehatan Mental Dunia 10 Oktober

Namun, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Immunity pada hari Selasa menemukan, bahwa orang yang pulih dari Covid-19 yang ringan bisa menghasilkan antibodi yang diyakini memberikan perlindungan terhadap infeksi setidaknya 5-7 bulan atau lebih lama.

Sebelum tes terbaru ini dilakukan, Rodda mengatakan bahwa penelitian menunjukkan antibodi dapat menangkal virus selama 3 bulan. Rodda juga menemukan, bahwa orang yang pulih dari Covid-19 ringan memiliki sel B memori dan sel T memori dengan ciri khas fungsionalitas. Sel memori memberikan ingatan pada sistem kekebalan kita dari mikroba penyerang sebelumnya, sehingga memungkinkannya untuk merespon lebih cepat dan lebih kuat saat mikroba itu datang lagi.

Baca Juga :   Dukung Vaksinasi, Dewan Siap Kawal Penyuntikan

Artinya, jika orang kembali terkena virus maka sel-sel memori bersama dengan antibodi kemungkinan besar akan melindungi orang itu dari gejala dan penularan lebih lanjut. Lalu, pada studi berbeda yang diterbitkan dalam The New England Journal of Medicine, para peneliti di Islandia mempelajari 1.107 orang yang telah pulih dari Covid-19 dan dites positif untuk antibodi antivirus.

Komentar