Manfaat dan Gizi Susu Kedelai

SMJTimes.com – Bagi anda yang suka minum susu di pagi hari maupun di malam hari, anda perlu mengetahui manfaat susu kedelai berikut ini. Dilansir dari alodokter, jenis susu ini diketahui mengandung beragam nutrisi yang baik untuk tubuh dan aman dikonsumsi oleh orang yang diet atau menderita kondisi tertentu, seperti alergi susu dan intoleransi laktosa.

Jika dibandingkan dengan jenis susu lainnya, minuman yang terbuat dari kedelai utuh ini memiliki kandungan gizi yang paling mirip dengan susu sapi rendah lemak. Susu kedelai terdapat 100 kalori dan nutrisi lainnya, seperti protein, karbohidrat, lemak dan serat.

Adapun kandungan vitamin, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin D, dan vitamin E. Susu kedelai juga memiliki nutrisi kalium, zat besi, dan fosfor dan antioksidan seperti flavonoid dan isoflavon. Semua gizi yang terkandung ini baik untuk dikonsumsi oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga ibu hamil dan menyusui.

Baca Juga :   Pasien Covid-19 Tak Bisa Kenali Bau, Ketahui 5 Penyebab Anosmia

Berikut adalah beberapa manfaat mengonsumsi susu kedelai;

Pengganti Susu Sapi

Susu kedelai menjadi pilihan alternatif bagi anda yang memiliki alergi susu sapi atau intoleransi laktosa. Hal ini karena susu kedelai tidak mengandung laktosa yang memicu alergi. Selain itu, susu kedelai juga tidak mengandung gluten, sehingga cocok dikonsumsi oleh orang yang memiliki alergi gluten atau penyakit celiac. Susu kedelai juga cocok dikonsumsi bagi anda yang menerapkan pola makan vegetarian.

Memperkuat Gejala Menopause

Untuk meredakan gejala menopause, seperti kelelahan, vagina kering, panas dan berkeringat di malam hari, anda bisa mencoba rutin mengonsumsi susu kedelai. Menurut penelitian, isoflavon yang terkandung dapat menjaga kadar hormon estrogen dalam tubuh agar tetap seimbang.

Baca Juga :   Covid-19 Picu Gangguan Sensorik, Bisa Terdeteksi saat Konsumsi Cabai

Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Susu kedelai memberikan manfaat menjaga imunitas tubuh. Kandungan protein, vitamin, dan mineral bekerja sangat baik untuk mendukung kinerja sel darah putih dan menghasilkan antibodi. Selain itu, kandungan antioksidan dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas dan bakteri penyebab penyakit.

Mencegah Anemia

Susu kedelai kaya akan zat besi, folat dan vitamin B12 yang berperan dalam memproduksi sel darah merah. Hal ini menjadi nutrisi yang baik untuk mencegah anemia pada seseorang yang menjalani pola makan vegetarian.

Menjaga Kesehatan Tulang dan Jantung

Nutrisi kalsium dan vitamin D dapat memperkuat tulang dan mencegah pengeroposan tulang. Susu kedelai juga baik untuk kesehatan jantung karena mengandung kalium, protein dan omega-3. Kandungan tersebut meningkatkan kolestrol baik dan menurunkan kolestrol jahat, sehingga tekanan darah tetap stabil dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca Juga :   Didiagnosis Kanker Payudara, Nunung Mulai Jaga Pola Makan

Mencegah Penyakit Kanker

Kandungan isoflavon dapat mencegah penyakit kanker prostat dan kanker payudara. Namun, disamping rutin mengonsumsinya, anda juga perlu untuk melakukan pencegahan kanker lainnya seperti menerapkan pola hidup sehat dan menghindari merokok.

Komentar