Tips untuk Meningkatkan Daya Ingat

SMJTimes.com – Mengalami penurunan daya ingat merupakan kondisi yang umum seiring bertambahnya usia, namun terdapat beberapa tips untuk meningkatkan daya ingat. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Dikutip dari Alodokter, daya ingat berkaitan dengan kemampuan dan fungsi otak. Untuk memiliki daya ingat dan konsentrasi yang baik, kesehatan otak harus selalu dijaga dan terpenuhi nutrisinya. Tips paling ampuh untuk menjaga fungsing otak agar tetap bekerja dengan baik adalah pola hidup sehat seperti berikut;

Beri Otak Asupan Nutrisi

Agar otak berfungsi optimal, perbanyaklah mengonsumsi makan-makanan tinggi nutrisi seperti sayuran hijau, ikan, the hijau, dan kacang-kacangan. Selain memberi asupan bergizi, anda juga perlu mengurangi mengonsumsi minuman beralkohol. Penelitian menunjukkan konsumsi alkohol dapat berdampak buruk pada fungsi kognitif.

Baca Juga :   Masker Kain Harus Labeli Cuci Sebelum Pakai Sesuai SNI

Berolahraga Rutin

Olahraga merupakan cara yang tepat untuk menjaga daya ingat dan konsentrasi tetap optimal. Manfaat olahraga yang didapat antara lain melancarkan sirkulasi darah ke otak, mendorong perkembangan sel saraf baru, dan merangsang pelepasan zat yang berpengaruh pada kesehatan otak. Olahraga ringan seperti jalan kaki, lari, dan berenang selama 30 menit sangat disarankan untuk menjaga kesehatan otak.

Senam Otak

Otak perlu dilatih kemampuannya dengan cara mengisi teka-teki, bermain puzzle, membaca, bermain catur, menghafal dan memainkan alat music.

Biasakan Mengorganisir Hal Kecil

Cobalah merapikan barang-barang disekitar anda atau lakukan kegiatan-kegiatan yang dapat melatih konsentrasi dan fokus seperti menulis agenda, Menyusun benda, dan memilah benda yang masih terpakai dan yang sudah tidak terpakai.

Baca Juga :   Dinkes Pati Perkirakan Vaksinasi Nakes Berlangsung 6 Bulan

Istirahat yang Cukup

Istirahat merupakan faktor penting untuk menjaga konsentrasi dan daya ingat. Saat tubuh tertidur, ingatan seseorang akan menyusun kembali informasi dan hal yang baru saja terjadi. Hal tersebut dapat meningkatkan daya ingat anda.

Aktif Bersosialisasi

Berkumpul dengan teman, sahabat, dan orang-orang terdekat dapat mengurangi stres dan depresi yang dapat mengurangi daya ingat. Berkomunikasi juga dapat melatih otak anda dalam memproses informasi yang di dapat.

Komentar