Penyebab dan Gejala Sinusitis

SMJTimes.com – Sinusitis merupakan peradangan di lapisan sinus yang umumnya ditandai dengan gejala hidung tersumbat, pilek dan nyeridi area wajah. Berikut adalah penjelasan tentang Penyebab dan Gejala Sinusitis. Yuk, simak baik-baik!

Sinus merupakan rongga kecil berisi udara dan terletak pada struktur tulang wajah. Dilansir dari halodoc, gangguan ini dapat memunculkan lendir yang mengalir keluar dari saluran hidung. Sinus bisa tersumbat karena berisi cairan hingga bakteri tumbuh dan menyebabkan infeksi.

Saat terinfeksi, rongga ini akan terisi lendiri dan terjadi pembengkakan pada selaput lender sehingga membuat sumbatan. Terdapat dua jenis sinusitis, yakni sinusitis akut dan sinusitis kronis. Pengelompokan ini berdasarkan durasi gejala awal yang muncul.

Baca Juga :   Sederet Manfaat Air Es bagi Kesehatan

Penyebab Sinusitis

Sinusitis biasanya disebabkan oleh virus, bakteri dan jamur yang menyebabkan sumbatan pada sinus atau pembengkakan. Beberapa penyebab spesifikdari gangguan ini antara lain adalah flu, alergi rhinitis, polip hidung, bengkoknya tulang hidung (Septum Deviasi), adenoid yang membesar, terlalu sering menyelam atau berenang, infeksi gigi, cedera hidung, dan adanya benda asing di hidung.

Komentar