oleh

Keluarkan Racun Tubuh, Lakukan 5 Aktivitas Berikut Lancarkan Detoksifikasi

SMJTimes.com – Banyak zat-zat racun yang memungkinkan bersarang di tubuh manusia. Jika dibiarkan berlama-lama zat ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Oleh karenanya, proses detoksifikasi sangat diperlukan untuk menyingkirkan zat-zat racun dalam tubuh.

Pada dasarnya, tubuh memiliki kemampuan untuk melakukan detoksifikasi secara alami. Namun, tingginya paparan racun bisa menghambaht proses detoks alami oleh tubuh.

Baca juga: Kilas Balik Peringatan Hari Kesehatan Mental Dunia 10 Oktober

Oleh sebab itu, kita perlu membantu tubuh dalam meningkatkan detoksifikasi dengan beberapa kebiasaan sehat yang bisa dilakukan setiap hari. Ini dia kebiasaan sederhana yang bisa membantu detoks tubuh dari racun.

Berikut ini aktivitas yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat proses detoksifikasi racun di dalam tubuh, mengutip IDNTimes, Senin (12/10/2020).

  1. Minum banyak air

Minum banyak air, jus sayur dan buah, serta teh akan membantu detoks tubuh. Melansir Livestrong, minum jus sayuran seperti wortel, bit, dan seledri, dapat membantu mengeluarkan racun dari hati.

Baca juga: Lezat dan Sehat, Coba Resep Camilan Nugget Tahu dan Sayuran

Ketika kamu minum air, air akan membersihkan tubuh dan organ dari racun sambil mengatur pergerakan usus.

Sementara itu, teh hijau adalah sumber katekin yang tinggi, yaitu antioksidan yang membantu meningkatkan fungsi hati, menurut Global Healing Center.

  1. Berkeringat

Banyak bergerak adalah cara yang bagus untuk meningkatkan energi dan menghilangkan racun. Kulit adalah organ utama yang mengeluarkan racun dari tubuh setiap kali kamu berkeringat.

Baca juga: Burung Berkelamin Ganda Ditemukan di Hutan Amerika

Selain dapat mengeluarkan racun, keringat juga membantu membunuh virus dan bakteri yang tidak dapat bertahan hidup pada suhu lebih dari 37 derajat Celcius. Ditambah, berkeringat juga membantu membersihkan pori-pori, serta menghilangkan komedo dan jerawat di wajah.

Menariknya lagi, penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Environmental and Public Health menemukan bahwa racun, seperti arsenik, kadmium, timbal, dan merkuri, dikeluarkan melalui kulit setiap kali kamu berkeringat. Juga ditemukan bahwa keringat yang diinduksi oleh sauna adalah cara terapeutik untuk meningkatkan penghapusan jejak logam beracun.

Baca juga: Jaga Kesehatan Fungsi Ginjal, Konsumsi 7 Makanan Ini

  1. Cukup tidur

Istirahat yang cukup sangat penting demi menjaga kesehatan. Menurut keterangan dari dari National Sleep Foundation, orang dewasa butuh tidur 7-9 jam setiap malamnya.

Istirahat yang cukup dapat membantu mengurangi peradangan dan stres, sehingga tubuh dapat berfungsi secara maksimal, termasuk mengeluarkan racun dari tubuh. Jadi, jika kamu mengalami masalah tidur, kamu perlu segera mengatasinya.

Baca juga: Diet Tetap Kenyang, Konsumsi 7 Jenis Sumber Karbohidrat Menyehatkan Tubuh

  1. Pilih menu sarapan sehat

Melewatkan sarapan tidak hanya memengaruhi fokus. Akan tetapi, menurut penelitian dalam jurnal Nutrients, melewatkan makan pagi juga memengaruhi kemungkinan kamu mencapai asupan nutrisi terbaik untuk hari itu.

Penting untuk mengawali hari dengan asupan serat, protein, dan lemak sehat. Sebaliknya, kamu perlu menghindari karbohidrat sederhana dan gula rafinasi saat sarapan.

Konsumsi yoghurt tawar yang penuh protein adalah pilihan yang baik jika kamu ingin mendapatkan probiotik dan sarapan secara bersamaan. Untuk meningkatkan rasa dan nutrisi, campurkan dengan buah beri segar, kacang, atau gandum. Menu ini sangat cocok untuk kamu yang ingin sarapan praktis, tapi tetap padat nutrisi.

Baca juga: Alih-Alih Menolong, Dua Warga Tewas Tercebur Sumur

  1. Menyikat tubuh saat mandi

Menggosok tubuh dengan sikat yang kuat sebelum mandi dapat merangsang sistem limfatik, yang membantu detoksifikasi. Dengan melakukan praktik ini, kamu dapat membantu tubuh melepaskan racun dan air ekstra secara alami.

Melansir The Healthy, menyikat tubuh dapat memecah selulit, menghilangkan kulit kering dan mati, membuka pori-pori yang tersumbat, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan sirkulasi. Gunakan gerakan panjang ke arah jantung, dari tangan ke bahu, lutut ke selangkangan, perut ke dada, dan seterusnya.

Baca juga: 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *