oleh

Tips Meningkatkan Berat Badan, Lakukan Hal Berikut

SMJTimes.com– Ada banyak alasan orang ingin menambah berat badan, mulai dari tubuh yang terlalu kurus hingga ingin memperbaiki penampilan. Namun, apa pun alasannya, meningkatkan berat badan perlu dilakukan dengan cara yang tepat agar tidak menyebabkan masalah kesehatan.

Ada banyak kondisi atau penyakit yang dapat menyebabkan berat badan seseorang terlalu rendah, di antaranya gangguan pencernaan, seperti penyakit kolitis ulseratif, Penyakit kanker, khususnya yang sudah memasuki stadium lanjut, gangguan makan, seperti anoreksia nervosa, malnutrisi atau kurang gizi dan lain sebagainya.

Cara menambah berat badan paling baik adalah dengan mengatasi penyakit atau kondisi yang menjadi penyebab berkurangnya berat badan. Ada beberapa tips menambah berat badan secara sehat dan aman yang dapat Anda coba, antara lain.

Pilih makanan sehat yang kaya akan nutrisi

Agar bisa menambah berat badan dengan lebih sehat, Anda tetap perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang, misalnya buah dan sayuran, kacang-kacangan, daging tanpa kulit atau lemak, tahu, tempe, telur, dan ikan. Untuk menambah berat badan, Anda tidak diwajibkan untuk mengonsumsi makanan tinggi kalori, makanan cepat saji, makanan berlemak , dan makanan atau minuman dengan kadar gula tinggi.

Konsumsi minuman padat kalori dan nutrisi

Tak hanya dari makanan,Minuman penambah berat badan umumnya merupakan minuman dengan kandungan kalori yang tinggi sehingga dapat memicu naiknya berat badan. asupan nutrisi juga dapat diperoleh dari minuman padat kalori, seperti smoothies, susu, yoghurt, dan jus segar di sela waktu makan. Selain memenuhi kebutuhan cairan tubuh, Anda pun dapat terhindar dari dehidrasi.

Baca Juga :   Sindrom Patah Hati Imbas Buruk Putus Cinta

Pilih camilan sehat

Kebiasaan ngemil yang mengandung banyak kalori dan tidak diimbangi dengan konsumsi makanan yang lebih sedikit di lain waktu atau peningkatan aktivitas fisik dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Hindari konsumsi camilan tidak sehat, seperti gorengan, karena makanan tersebut mengandung minyak dan kolesterol tinggi. Camilan bisa menjadi sumber kalori tambahan yang dapat membantu Anda menambah berat badan. Namun, Anda disarankan untuk memilih camilan sehat yang kaya nutrisi, seperti yoghurt, cokelat hitam, buah-buahan, atau roti gandum.

Rutin berolahraga

Jika diikuti dengan pola makan sehat, rutin berolahraga bisa membantu Anda mencapai berat badan yang lebih ideal. Olahraga secara rutin tidak hanya dilakukan untuk menurunkan berat badan, tetapi juga menambah berat badan. Dengan rutin berolahraga, tubuh akan membentuk lebih banyak jaringan otot dan memangkas kelebihan lemak.

Melakukan olahraga untuk menurunkan berat badan mungkin sudah lumrah dilakukan. Di antara banyaknya cara untuk menggemukkan badan, ternyata masih banyak yang belum tahu bahwa olahraga bisa menjadi salah satu caranya.

Tambah asupan kalori

Untuk menambah berat badan, Anda perlu tambahan asupan kalori dalam menu makan sehari-hari.  Menambahkan kalori adalah hal yang harus dilakukan oleh seseorang yang ingin menambah berat badan. Penambahan kalori yang aman yaitu sekitar 500-1000 kalori per hari untuk mendapatkan kenaikan berat badan sebanyak 1 kg dalam seminggu.

Baca Juga :   5 Cara Sederhana Obati Sakit Gigi

Meski demikian, Anda perlu berhati-hati dalam memilih makanan penambah kalori agar tidak mengakibatkan kelebihan gula darah, garam, dan kolesterol, yang dapat mengganggu kesehatan tubuh.

Banyak konsumsi karbohidrat

Dengan mengonsumsi banyak karbohidrat juga bisa kamu lakukan sebagai salah satu cara menambah berat badan secara alami. Cara ini dianggap cukup efektif untuk meningkatkan berat badan dalam waktu yang cepat tanpa harus mengonsumsi obat penambah berat badan.

Kamu bisa mendapatkan banyak asupan karbohidrat dari nasi, kentang, singkong, ubi jalar, jagung dan tepung. Walaupun demikian, konsumsi karbohidrat ini tetap harus diperhatikan supaya tidak berlebihan.

Menambah asupan protein

Pembentukan otot berasal dari protein. Jadi, kalau tubuh kamu kekurangan protein, ekstra kalori yang sudah kamu konsumsi tadi akan menjadi lemak di tubuh. Sehingga saat berat badan kamu meningkat, justru tubuh kamu akan terdiri dari massa otot bukan lemak yang berlebihan.

Jika kamu sedang memiliki program menaikkan berat badan, cobalah untuk mengonsumsi 1,5–2,2 gram protein per kg/BB. Apabila asupan kalori kamu sudah cukup tinggi, maka perbanyak asupan proteinnya juga. Kamu bisa mendapatkan makanan dengan tinggi protein seperti daging merah, ikan, telur, dan kacang-kacangan.

Menambah Berat Badan Selama Masa Pemulihan Setelah Sakit

Berat badan mudah turun saat atau setelah sakit pada beberapa orang. Dan mengembalikan berat badan agar kembali ideal kadang tidaklah mudah. Sakit dalam waktu yang cukup lama bisa berdampak pada menurunnya nafsu makan sehingga membuat berat badan turun.

Baca Juga :   Gemar Makan Pedas, Kenali 5 Efek pada Tubuh

Padahal, pada masa ini tubuh sangat membutuhkan asupan kalori dan nutrisi, seperti protein, karbohidrat, lemak, serta vitamin dan mineral, agar bisa cepat sehat kembali. Menambah nafsu makan setelah sakit memang tidaklah mudah.

Tapi ada beberapa tips mengenai hal tersebut mengonsumsi makanan kesukaan, asalkan sehat, menghentikan kebiasaan merokok dan menjauhi asap rokok serta minuman beralkohol. Berjalan sebentar sebelum makan, karena dipercaya dapat membangkitkan selera makan. Mengurangi stres dan istirahat yang cukup.

Jika perlu, Anda bisa berkonsultasi ke dokter saat hendak menggunakan produk suplemen peningkat berat badan. Perlu diingat pula meski sudah menggunakan suplemen tersebut, Anda tetap perlu menjalani pola makan sehat dan rutin beolahraga untuk menambah berat badan dengan sehat.

Apabila setelah mengikuti panduan di atas berat badan tidak kunjung bertambah, konsultasikan hal tersebut dengan dokter gizi. Dokter bisa memberikan obat-obatan dan suplemen atau menyarankan pola makan tertentu untuk menambah berat badan sesuai kondisi yang Anda alami. (*)

Komentar

News Feed