oleh

Tips Meningkatkan Berat Badan, Lakukan Hal Berikut

SMJTimes.com– Ada banyak alasan orang ingin menambah berat badan, mulai dari tubuh yang terlalu kurus hingga ingin memperbaiki penampilan. Namun, apa pun alasannya, meningkatkan berat badan perlu dilakukan dengan cara yang tepat agar tidak menyebabkan masalah kesehatan.

Ada banyak kondisi atau penyakit yang dapat menyebabkan berat badan seseorang terlalu rendah, di antaranya gangguan pencernaan, seperti penyakit kolitis ulseratif, Penyakit kanker, khususnya yang sudah memasuki stadium lanjut, gangguan makan, seperti anoreksia nervosa, malnutrisi atau kurang gizi dan lain sebagainya.

Cara menambah berat badan paling baik adalah dengan mengatasi penyakit atau kondisi yang menjadi penyebab berkurangnya berat badan. Ada beberapa tips menambah berat badan secara sehat dan aman yang dapat Anda coba, antara lain.

Baca Juga :   Doa Sahabat Nabi Muhammad Selamat dari Pembunuhan Dibantu Malaikat

Pilih makanan sehat yang kaya akan nutrisi

Agar bisa menambah berat badan dengan lebih sehat, Anda tetap perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang, misalnya buah dan sayuran, kacang-kacangan, daging tanpa kulit atau lemak, tahu, tempe, telur, dan ikan. Untuk menambah berat badan, Anda tidak diwajibkan untuk mengonsumsi makanan tinggi kalori, makanan cepat saji, makanan berlemak , dan makanan atau minuman dengan kadar gula tinggi.

Konsumsi minuman padat kalori dan nutrisi

Tak hanya dari makanan,Minuman penambah berat badan umumnya merupakan minuman dengan kandungan kalori yang tinggi sehingga dapat memicu naiknya berat badan. asupan nutrisi juga dapat diperoleh dari minuman padat kalori, seperti smoothies, susu, yoghurt, dan jus segar di sela waktu makan. Selain memenuhi kebutuhan cairan tubuh, Anda pun dapat terhindar dari dehidrasi.

Baca Juga :   Kulit Kepala Terasa Gatal, Berikut Ini Penyebabnya

Pilih camilan sehat

Kebiasaan ngemil yang mengandung banyak kalori dan tidak diimbangi dengan konsumsi makanan yang lebih sedikit di lain waktu atau peningkatan aktivitas fisik dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Hindari konsumsi camilan tidak sehat, seperti gorengan, karena makanan tersebut mengandung minyak dan kolesterol tinggi. Camilan bisa menjadi sumber kalori tambahan yang dapat membantu Anda menambah berat badan. Namun, Anda disarankan untuk memilih camilan sehat yang kaya nutrisi, seperti yoghurt, cokelat hitam, buah-buahan, atau roti gandum.

Komentar