oleh

PCNU Pati Perbolehkan Shalat Ied di Rumah saat Pandemi

Pati, Semarangpos.net – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pati memberbolehkan melaksanakan Sholat Ied Fitri di rumah dalam masa pandemi Covid-19.

Ketua PCNU Kabupaten Pati, KH. Yusuf Hasyim mengatakan Sholat Ied dapat dilakukan di rumah dengan sendiri-sendiri maupun dengan berjamaah.

“Sholat Ied di rumah bisa dilakukan sendirian tanpa khutbah, atau pun berjamaah dengan keluarga disunnahkan khutbah,” ujar Kiai Yusuf pada Selasa (19/5/2020).

Kiai Yusuf menerangkan, pelaksanan Sholat Ied berjamaah minimal dilaksanakan 4 orang. Satu imam dan tiga makmum.

Keputusan ini dituangkan dalam Surat Edaran PCNU nomor 0020/PC/A.II/XI.06/V/2020 yang berlandaskan pada Surat Edaran PWNU Jawa Tengah nomor PW.11/360/C/V/2020.

Baca juga: Pemdes Bisa Gunakan Dana Desa Tahap 2 untuk BLT

Dalam surat edaran tersebut PCNU mengimbau kepada Nahdliyin atau jamaah NU untuk melaksanakan Sholat Ied dengan berbagai ketentuan. Ada 4 ketentuan dalam surat edaran itu. Di antaranya, pertama pelaksanaan Sholat Ied berjamaah lebih utama dari pada sendiri-sendiri. Kedua, Sholat Ied dapat dilaksanakan di rumah.

“Ketiga, jika dilaksanakan secara berjamaah di luar rumah, dianjurkan kepada penyelemggara agar berkoordinasi dengan pejabat pemerintah setempat dan tetap memenuhi protokol kesehatan,” salah satu bunyi dalam surat edaran itu.

Melalui surat edaran itu PCNU juga mengimbau Nahdliyin untuk selalu memohon kepada Allah SWT, semoga bangsa dan negara terbebas dari fitnah.

Surat ini sejalan dengan MUI Pati. Seperti pemberitaan sebelumnya, MUI Pati juga memperbolehkan Shalat Ied dilaksanakan di rumah. (*)

Baca juga: Libur Idul Fitri, Jumlah Wisatawan ke Jateng Meningkat Hingga 40 %

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *