oleh

Libur Idul Fitri, Jumlah Wisatawan ke Jateng Meningkat Hingga 40 %

Semarang – Libur hari raya Idul Fitri menjadi berkah tersendiri khususnya bagi pengelola destinasi wisata. Di Jawa Tengah, angka wisatawan meningkat hingga 40% . Angka ini melampaui prediksi Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah.

Kepala Disporapar Jateng, Sinung Nugroho Rachmadi, menyampaikan jika peningkatan tersebut cukup fantastis jika dibandingkan pada hari biasa dan akhir pekan.

“Sebelum Lebaran kami memprediksikan kenaikan jumlah kunjungan wisatawan ke Jateng naik 25%, tapi ternyata dari pantauan dan laporan yang masuk sementara ini, kenaikan di masing-masing obyek wisata di Jateng mencapai 40%,” terangnya pada Selasa (11/6).

Jumlah angka tersebut masih berdasarkan pantauan dari Disporapar karena untuk jumlah riil biasanya akan dilakukan di akhir tahun.

Baca Juga :   Angka Kemiskinan Kabupaten Rembang Naik Tahun Ini

“Terkait kenaikan 40% itu berdasarkan pantauan kami serta laporan dari sejumlah pengelola obyek wisata. Misalnya di hari biasa atau weekend kunjungan wisatawan 1.000 orang, pada libur Lebaran kemarin bisa mencapai 1.400 orang perhari,” imbuhnya.

Menurutnya, destinasi wisata favorit para wisatawan tahun ini paling banyak adalah wisata alam. Hal ini karena di sejumlah lokasi di Jawa Tengah seperti di Solo, Wonosobo, Tegal, Magelang, Banyumas, Jepara, Tegal dan Semarang mempunyai keindahan alam yang menarik.

Komentar