oleh

Petugas Lapas Teledor Akibatkan Napi Kabur Terancam Kena Sanksi

Kota, Pati – Seorang Petugas Lapas Kelas II B Pati bernama Trimulyo terancam kena sanksi dari Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah. Trimulyo merupakan petugas yang mengawal Selamet Wibowo, Napi yang kabur saat membeli pakan bebek di Pasar Puri.

Dari penjelasan Kepala Bagian Pembinaan Lapas Kelas II B Pati Krismiyanto, Lapas Pati telah memeriksa petugas yang bersangkutan dan telah mengirimkan hasilnya ke Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah.

“Perintah dari disvisi permayarakatan setelah terjadinya pelarian kemarin yaitu untuk melakukan BAP pemeriksaan kepada pengawal pada hari Minggu yang mengeluarkan warga binaan tersebut.” Jelas Krismiyanto.

Menurutnya, setelah Napi keluar dari Lapas merupakan tanggungjawab dari Petugas yang mengawal.

“Otomatis secara tidak langsung maupun secara langsung yang bertanggungjawab penuh yaitu pengawal. Jadi pada hari Minggu dikeluarkan dikawal dan tanggung jawab beralih kepada pengawal itu sendiri,” tegasnya.

Baca juga : Napi Kabur Saat Menjalani Asimilasi, Pihak Lapas Bersama Tim Kepolisian Masih Melakukan Pencarian

“Jadi memang keteledoran pengawal. Jadi itu tidak lepas semua memang keterkaitan keseluruhan, jadi memang, tapi mutlak pengawalnya yang bertanggungjawab,” lanjutnya.

Pada Minggu (16/6) lalu seorang Napi Lapas Pati, Selamet Wibowo melarikan diri saat sedang membeli pakan bebek bersama seorang petugas Lapas di Pasar Puri Pati. Selamet berhasil kabur setelah mengelabui petugas yang mendampingnya dengan meminta izin membeli es.

Selamet Wibowo merupakan seorang Napi yang sudah diizinkan bekerja di luar Lapas setelah melalui proses pentahapan dan melalui sidang TPP lapas. Sehari-hari Selamet ditugaskan beternak bebek di dekat rumah dinas Kalapas Pati. (*)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *