oleh

Sistem Zonasi PPDB, Disdikbud : Harusnya Tidak Ada Lagi Label Sekolah Favorit

Kota, Pati – Sistem zonasi penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun 2019 sudah mulai diberlakukan dan sudah disosialisasikan ke masyarakat. Menurut Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, penerapan sistem zonasi ini untuk meniadakan kasta dan perbedaan antar sekolah.

Selama ini pandangan masyarakat menganggap jika sekolah yang bagus juga akan mencetak siswa yang bagus. Hal ini yang kemudian memunculkan perbedaan penilaian dan pelabelan terhadap sekolah-sekolah  tertentu.

Sunoto, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Wilayah III, menyampaikan bahwa dengan adanya sistem zonasi harapanya semua sekolahan sama tidak ada pembeda antara sekolah favorit, sekolah khusus anak miskin dan kaya dan sebagainya.

“Sehingga pendidikan nantinya tidak ada lagi judul sekolah favorit dan berkastanisasi,” tutur Sunoto.

Baca Juga :   Minim Pendonor Plasma Konvalensen, Rumah Sakit Diminta Bantu PMI Pati

Sementara dari pihak Kasi SMA dan SLB BP2MK wilayah III, Haryanto, juga menjelaskan bahwa sistem zonasi kedepannya kedudukan semua sekolahan setara sehingga tidak ada lagi orang tua ribut mencari sekolah untuk anak-anaknya.

“Dengan adanya pemerataan sekolah semua siswa bisa menikmati fasilitas sekolah yang sama, sehingga orang tua tidak kebingungan untuk menyekolahkan anaknya dimana,” jelasnya.

Baca juga : Gelar Uji Coba PPDB Online, Begini Perbedaannya dengan Tahun Lalu

Komentar