Pakar Minta Perhatikan Risiko Kemanan Terkait Pemindahan Data ke Satu Sehat Mobile

SMJTimes.com – Seorang pakar dari lembaga riset siber CISSReC, Pratama Persadha sebelumnya menuturkan bahwa migrasi data dari PeduliLindungi ke Satu Sehat Mobile memiliki beberapa risiko keamanan.

Ia menerangkan, proses pemindahan dari aplikasi satu ke aplikasi lainnya memunculkan risiko kebocoran data, penggunaan data tanpa izin, hingga kerentanan data.

Dikutip dari CNN Indonesia (26/2), Pratama menyebutkan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait migrasi atau pemindahan data dari aplikasi PeduliLindungi ke Satu Sehat Mobile tersebut. Menurutnya, beberapa hal berikut perlu dilakukan untuk mencegah adanya ancaman dan meminimalisir risiko keamanan.

Pertama, yakni Kepatuhan pada regulasi privasi dan data pribadi. Pengguna perlu diberikan jaminan bahwa data pribadi mereka akan dilindungi dan tidak akan disalahgunakan. Perlu ditetapkan pula mekanisme yang jelas dan tegas. Terutama tentang siapa saja yang memiliki akses ke data kedua aplikasi tersebut. Selain itu, bagaimana data itu akan digunakan, dan bagaimana data akan dihapus setelah digunakan.

Komentar