oleh

Harga Komoditas Pertanian di Pati Naik Selama Cuaca Tak Menentu

Pati, SMJTimes.com – Dampak kondisi cuaca yang tidak menentu berpengaruh pada kenaikan harga kebutuhan bahan dapur seperti cabai, bawang merah dan bawang putih.

Menurut pernyataan dari Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Pati Kuswantoro, setidaknya pada komoditas bawang merah di pasaran mencapai kisaran harga Rp60.000 per kilogram.

“Kalau kita analisa kenaikan beberapa harga pokok dapur memang mengalami kenaikan harga karena dampak perubahan cuaca yang tidak menentu, seperti contoh bawang merah kisaran harga Rp60-an ribu,” katanya saat dihubungi SMJTimes.com, Sabtu (2/7/2022).

Pihaknya juga menambahkan beberapa harga  komoditas lainnya seperti bawang putih di kisaran Rp32.000 per kilogram. Sedangkan untuk harga cabai merah mencapai Rp100.000 per kilogramnya.

Baca Juga :   Minim Pendonor Plasma Konvalensen, Rumah Sakit Diminta Bantu PMI Pati

“Yang melonjak sangat tinggi yakni pada cabai merah, di pasaran kisaran Rp90 ribu hingga Rp 100ribu, sedangkan bawang putih kisarannya Rp30 ribu sampai Rp32 ribu setiap kilogramnya,” imbuhnya.

Komentar