oleh

Hari Kartini, Pendobrak dan Teladan Kaum Hawa

Pati, SMJTimes.com – RA Kartini merupakan sosok tokoh yang luar biasa, pendobrak perjuangan dan tonggak dari kebangkitan kaum wanita di Indonesia.

“Saya Suriyanto dari Komisi B DPRD Pati Mengucapkan  selamat Hari ibu kita Kartini, yang menjadi teladan dan pendobrak pejuang kaum hawa, dimana perempuan bisa sejajar dengan kaum laki-laki,” katanya.

Suriyanto menyebutkan bahwa wanita mempunyai peranan penting di berbagai lini baik di dalam rumah tangga maupun negara secara luas.

“Semangat buat kaum hawa. Tetap pahlawan dimanapun berada. Laki-laki tanpa perempuan bagaikan rumah tanpa pondasi,” imbuhnya.

Menurut Politisi dari Partai Demokrat itu, hari Kartini harus terus diperingati dan diapresiasi baik oleh kaum wanita maupun pria. Sebagai simbol bahwa harkat dan martabat perempuan di Indonesia harus terus diperjuangkan sebagai bagian dari perjuangan manusia.

Baca Juga :   Pembongkaran Jembatan Besar Juwana Di-reschedule

Pria maupun wanita sama -sama mempunyai hak untuk mendapatkan perlindungan negara dari segala bentuk kekerasan dan penindasan.

“Bahwa wanita tidak lemah di mata dunia. Mari tetap menjaga harkat dan martabat apa yang menjadi tugas sebagai seorang ibu dalam keluarga maupun sebagai masyarakat umumnya,  bahwa perempuan bisa,” ucapnya.

Perlu diketahui, hari Kartini pertama kali diperingati pada tahun 1964 ditekankan dengan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 108 Tahun 1964 pada 2 Mei 1964. Momentum ini berbarengan dengan ditetapkannya Raden Ajeng (RA) Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional.

RA Kartini dikenal sebagai wanita yang pertama kali mendobrak sistem patriarki di Indonesia khususnya tanah Jawa yang dimana sebelumnya kaum wanita tidak diperbolehkan memiliki pendidikan yang lebih tinggi dari kaum pria. (adv)

Baca Juga :   Kaum Milenial Enggan Bertani Akibat Kebijakan Pemerintah

Komentar