oleh

Penyebab Siklus Menstruasi Tidak Teratur

SMJtimes.com – Setiap bulan seorang wanita pasti akan mengalami siklus menstruasi jika dalam kurun waktu satu bulan tidak melakukan hubungan seksual. Namun, sering kali beberapa orang mengalami siklus menstruasi yang berubah-ubah. Ada beberapa penyebab siklus menstruasi tidak teratur. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut;

Hormon Tidak Stabil

Kondisi psikologis mempengaruhi hormon. Ketidakstabilan hormon memicu haid yang tidak teratur. Selain itu, saat anda telah berada di masa akan menopause, hormon estrogen dan progesteron anda tidak seimbang sehingga siklus menstruasi anda tidak lancar.

Gaya Hidup Sehari-hari

Gaya hidup mempengaruhi siklus menstruasi anda. Siklus yang tidak teratur bisa jadi karena gaya hidup yang tidak sehat. Maka dari itu, sempatkan untuk rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat sehingga anda dapat memperbaiki siklus menstruasi anda.

Baca Juga :   Dinkes Pati Beri Tips Minimalisir Efek Samping Usai Vaksinasi

Gangguan Tiroid

Kelenjar tiroid berfungsi mengatur metabolisme tubuh. Jika anda mudah lelah, berat badan naik-turun secara drastis, hingga lesu saat mentruasi, artinya kelenjar ini tidak berfungsi dengan baik. Jika kelenjar tiroid tidak berfungsi dengan baik, siklus menstruasi anda bisa terganggu.

Komentar