oleh

Desa Megal Gelar SDGs, Perencanaan Desa Diharapkan Lebih Baik

Rembang, SMJTimes.com – Desa Megal, kecamatan Pamotan, Rembang adakan Pelatihan Sustainable Development Goals (SDGs). Kegiatan ini merupakan prioritas dari penggunaan Dana Desa tahun 2021.

Kepala Desa Megal, Ikha Pudiyanti mengatakan, diadakannya pelatihan ini, merujuk dari Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021.

Ia juga menyampaikan, setidaknya terdapat 18 tujuan dan sasaran pembangunan melalui SDGs Desa tersebut.

Desa Megal Gelar SDGs Perencanaan Desa Diharapkan Lebih Baik

Yaitu dengan mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan.

Selain itu, dengan mewujudkan Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Baca Juga :   Kembangkan Desa Wisata, 5 Desa di Rembang Dapat Bantuan

Dengan adanya SDGs, Ikha berharap perencanaan desa akan menjadi lebih baik.

“Makanya SDGs sebenarnya adalah kunci bagi desa. Dengan desa memiliki data yang lengkap. Dengan data yang lengkap diharapkan perencanaan desa akan lebih baik” terangnya pada 21/4/2021

Pelatihan berlangsung dengan peringatan hari Kartini. Selain itu, tim pelaksana SDGs Megal juga melibatkan perempuan.

Di mana, sejumlah 18 orang yang terdiri dari perempuan, menjadi tim pelaksana pelatihan tersebut.  Hal ini menunjukan bahwa, keterlibatan dan keaktifan perempuan di desa Megal sangat baik.

“Semua personel kali ini perempuan, di sini memang kami berusaha memberdayakan perempuan dalam setiap kegiatan. Sesuai semangat emansipasi kartini dan kebetulan pelaksanaan kegiatan ini bebarengan dengan hari Kartini” Ungkapnya.

Baca Juga :   Peringati Hari Kartini, Perempuan Harus Berani Berkarya

Dalam pelatihan tersebut, juga dihadiri jajaran Pendamping Desa kecamatan Pamotan. Istayanto, Pendamping Desa Teknik infrastruktur (PDTI) mengatakan, bahwa adanya SDGs ini menjadi tonggak awal untuk membawa desa bebas dari kemiskinan dan menuju kemajuan.

“18 point SDGs bagi desa ini jadi sangat krusial. Untuk data dan acuan perencanaan yang baik” Tutup Is. (*)

 

Komentar

News Feed