oleh

Kampung Terang di Rembang Adakan Penghijauan

Rembang, SMJTimes.com – Kampung Terang di Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang jadi sasaran kegiatan penghijauan. Terdapat 500 bibit kelengkeng itoh didistribusikan untuk kegiatan tersebut.

Desa Sidowayah, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang menjadi sasaran wilayah penghijauan kembali. Acara tersebut diselenggarakan hari ini, Sabtu (06/11).

Ada sekitar 500 bibit kelengkeng itoh yang didistribusikan untuk kegiatan tersebut. Nantinya bibit tersebut akan ditanam di lahan yang telah disediakan.

Kegiatan tersebut diprakarsai oleh Keluarga Alumni Universitas Gajah Mada, dengan agenda utama penyerahan bibit.

“Kami tentunya sangat antusias sekali menerima bibit ini. Karena nantinya, bibit tersebut akan kami kelola bersama dengan kelompok tani di Desa ini” Kata Supriyanto selaku Ketua Agromakmur Desa Sidowayah, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang.

Baca Juga :   Dintanpan Rembang Dapati Cacing Hati di Daging Hewan Kurban

Pemilihan bibit kelengkeng itoh tidak terlepas dari kondisi wilayah Desa Sidowayah yang merupakan sawah tadah hujan. Sehingga tanaman tersebut cocok ditanam di Desa ini.

Ketua Keluarga Alumni Universitas Gajah Mada, dr. Agus Setiyo Hadipurwanto mengatakan kegiatan tersebut juga bekerja sama dengan Dinas Kehutanan Jawa Tengah Wilayah I untuk memfasilitasi pemeliharaan kelengkeng itoh tersebut.

“Nantinya bibit ini kan dikelola oleh kelompok tani desa ini, lalu kami juga meminta Dinas Kehutanan Jawa Tengah untuk memfasilitasi alat-alatnya, seperti itu.” Tegas dr. Agus Setiyo Hadipurwanto.

Hasil panen dari kelengkeng itoh ini bisa dilihat 2 tahun lagi. Nantinya hasil tersebut akan kembali ke masyarakat.

Pemerintah Desa Sidowayah berharap adanya program ini bisa memberikan hasil yang maksimal baik untuk kelompok tani sebagai pengelola maupun masyarakat desa secara umum. (*)

Baca Juga :   Pemkab Rembang Gelar Coffee Morning Bersama Para Jurnalis

Komentar

News Feed