oleh

Sidang Umum PBB, Raja Salman Dukung Denuklirisasi Iran

SMJTimes.com– Raja Salman bin Abdulaziz berpidato secara virtual dalam Sidang Umum PBB di New York, AS, pada Rabu (22/9/2021). Raja Arab Saudi itu menyatakan kerajaannya mendukung upaya pencegahan Iran memperoleh senjata nuklir.

“Kerajaan menekankan pentingnya menjaga Timur Tengah bebas dari senjata pemusnah massal. Atas dasar ini kami mendukung upaya internasional yang bertujuan mencegah Iran memiliki senjata nuklir,” ungkap Raja Salman.

Iran dan Arab Saudi telah menjadi saingan selama bertahun-tahun, kedua negara ini memutuskan hubungan diplomatiknya pada tahun 2016. namun, tahun ini keduanya telah melakukan pembicaraan dengan tujuan mengurangi ketegangan.

“Iran adalah negara tetangga, dan kami berharap pembicaraan awal kami dengannya akan menghasilkan hasil nyata untuk membangun kepercayaan berdasarkan penghormatan kedaulatan dan tidak mencampuri urusan dalam negeri,” kata Raja Salman.

Baca Juga :   Capai 73,3 Persen, Pemungutan PBB Di Rembang Dilanjutkan Hingga Desember

Setelah Dampingi Presiden Bolsonaro dalam Sidang Umum PBB Sebelumnya, Presiden Iran Ebrahim Raisi menyerukan agar dilanjutkannya pembicaraan nuklir antara Teheran dengan kekuatan dunia. Pembicaraan ini mengarahkan pada pengahapusan sanksi AS.

Berdasarkan informasi kantor berita resmi Iran, Mehr News pada Selasa, Menteri Luar Negeri Iran dengan Menteri Luar Negeri Arab Saudi melakukan pertemuan yang membahas nuklir Iran dan pemberontak Hothi di Yaman.

Houthi menolak inisiatif damai untuk mengakhiri perang. Raja Salman juga menyatakan Arab Saudi akan mempertahankan diri terhadap rudal balistik dan drone bersenjata.

Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS) meluncurkan rencana mendiversifikasi ekonomi kerajaan dari ketergantungan pada minyak dan sejumlah perubahan lainnya.

Baca Juga :   Korban Tenggelam di Sungai Tayu Pati Belum Ditemukan

“Kerajaan terus memerangi pemikiran ekstremis, yang dibangun di atas kebencian, dan mengawasi organisasi teroris dan milisi sektarian yang menghancurkan umat manusia dan bangsa,” pungkas Raja Salman.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Raja Salman Berpidato dalam Sidang Umum PBB, Dukung Denuklirisasi Iran”.(*)

Komentar

News Feed