oleh

Deretan Objek Wisata di Kudus

SMJTimes.comKudus adalah salah satu kabupaten yang ada di provinsi Jawa Tengah, letaknya yang di jalur pantai timur, atau di tengah kota Semarang dan Kota Surabaya. Kudus sebagai kota tempat penghasil kretek terbesar di Indonesia. Kota ini menyimpan banyak objek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Selain objek wisata alam yang ditawarkan oleh Kota Kudus, Kudus juga terkenal dengan wisata kuliner. Soto kudus yang isinya terdiri dari sayuran kol dan daging kerbau sangat khas untuk dinikmati wisatawan.

Para wisatawan dapat mengunjungi beberapa objek wisata Kudus, simak beberapa informasi deretan wisata terkenal di Kudus.

1. Wisata di Colo Kudus

 

Wisata Colo merupakan wisara yang terletak di Desa Colo kawasan pegunungan Muria Kecamatan Dawe, Kudus. Wisata ini terletak hampir dekat dengan makan Sunan Muria. Menawarkan pemandangan yang sejuk membuat hati dan pikiran tenang. Hijaunya pepohonan berpadukan dengan birunya langit dan desir angin yang sejuk menambah kesan wisata ini sangat nyaman.

Kawasan wisata Colo sangat mirip dengan wisata Bopeng yang ada di Magelang. Area pegunungan sawah terasering, rumah penduduk yang unik. Kawasan Colo juga menawarkan area perkemahan bagi pecinta wisata yang gemar berkemah.

 

2. Montel, air terjun Colo

 

Air Terjun Montel Colo, sama-sama berada di kawasan Colo. Berdekatan dengan bumi perkemahan Colo dan makan Sunan Kudus. Air terjun dengan ketinggian 50 meter ini berada di utara makam Sunan Muria, tepatnya di desa Kajar kecamatan Dawe Kudus.

Baca Juga :   5 Manfaat Konsumsi Kacang Rebus Bagi Kesehatan

 

Perjalanan ke air terjun ini dilalui dengan ratusan tangga. Dalam perjalanan pecinta wisata akan disuguhkan dengan pemandangan warna-warni bunga dan kupu-kupu yang berterbangan. Fasilitas yang ada di tempat ini juga lumayan lengkap seperti mushola, area parkir, dan kuliner.

Jika berniat untuk berkunjung di sini, jangan lupa untuk membawa pakaian ganti karena derasnya air terjun akan membuat pakaian menjadi basah. Penggemar wisata ketika berkunjung ke air terjun Colo maupun bumi perkemahan Colo dapat membeli cindera mata yang tersedia di Pasar Colo.

 

3. Air terjun Gonggomino

 

Air terjun berbeda lainnya juga terletak yaitu air terjun Gonggomino. Masih berada di kawasan Colo, air terjun ini dapat ditempuh dengan cara yang cukup menantang yaitu menyusuri kawasan sungan yang berada di Rejenu. Mandi sepuasnya dengan air yang jernih dan segar akan membuat diri merasa terlahir kembali.

Penggemar wisata juga dapat mengunjungi Mulia Waterboom yang masih berada pada satu tempat dengan Air Terjun Gonggomino. Berlokasi di Jalan Kudus Desa Lau Kecamatan Bae, Colo KM.12 . jangan lupa melengkapi kunjungan dengan mengabadikan momen berfoto dipadukan latar alam yang menawan

 

4. Wisata menara Kudus

 

Wisata menara kudus ini tergolong dalam wisata religi yang dapat ditemukan di Kudus. Menara Kudus merupakan menara yang dibuat oleh Sunan Kudus di sebelah menara terdapat mushola yang merupakan makam dari Sunan Kudus.

 

Menara tersebut terbuat dari tumpukan batu bata dengan bentuk limas berpadukan atap kayu yang tradisional. Menurut kisah lempeng piring logam yang berada dalam menara didatangkan langsung dari Cina. Menara Kudus berlokasi di Kudus lebih tepatnya di depan Masjid Aqsa.

Baca Juga :   Bupati Kudus Imbau Instansi Jaga Keharmonisan Untuk Cegah Korupsi

 

5. Rahtawu, desa wisata di Kudus

 

Objek wisata selanjutnya adalah Rahtawu, terletak di lereng Gunung Muria, Gebog Kudus. Wisata pemandian di sungai yang jernih dengan pemandangan asri membuat penggemar wisata akan betah mandi atau hanya sekedar menikmati pemandangan dan bersua foto.

 

6. Wisata Rejenu

 

Wisata Rejenu ini salah satu tempat unik yang ada di Kudus. Terdapat air dengan tiga rasa. Sendang ini terletak di kawasan muria, diatas air terjun montel. Tepatnya ke arah utara dari makam sunan Muria. Air tiga rasa ini memang benar-benar memiliki rasa yang berbeda. Anda dapat mencobanya seperti rasa tawar yang sedikit masam, atau rasa air yang mirip dengan minuman bersoda, serta rasa yang mirip minuman arak atau tuak. Ketiga air tersebut memiliki khasiat yang berbeda-beda.

 

Diantara dapat menjadi penawar dari berbagai penyakit, tentunya dengan seizin yang maha kuasa dong. Namun uniknya jika ketiga air tersebut dicampur maka anda akan merasakan rasa air yang tawar seperti layaknya.

 

7. Grand canyon

Grand Canyon merupakan tempak wisata yang mirip Green Canyon yang ada di Amerika. Objek wisata miri dengan Green Canyon, ketika penggemar wisata mengunjungi wisata ini akan dibuat seolah-olah berada di Amerika. Lokasi tempat wisata ini berada di Desa Tanjungrejo Kecamatan Jekulo.

Baca Juga :   Sambut Tahun Baru Hijriyah, Pemkab Kudus Gelar Doa Bersama Hingga Santunan Anak Yatim

 

8. Taman Oasis

 

Taman Oasis ini adalah taman yang dibangun oleh PT. Djarum Kudus. Taman ini sangat cocok menjadi tempat istirahat dan bermain bersama teman ataupun keluarga. Taman ini juga sangat digemari oleh kawula muda di Kudus sebagai tempat hangout bersama teman-teman. Sayang untuk anda lewatkan.  Penggemar wisata dapat menghabiskan waktu sore dengan mengunjungi Taman Oasis.

 

9. Pati Ayam

 

Museum Pati Ayam adalah wisata yang menyediakan benda-benda sejarah bagi pengunjung. Fosil-fosil zaman kehidupan manusia purba dapat ditemukan di tempat ini. Menurut informasi, kawasan pati ayam adalah kawasan pusat peradaban manusia purba. Sehingga anda dapat menjumpai berbagai fosil manusia purba disini seperti gading gajah dan gigi geraham dll.

 

10. Menara Pisang

 

Kemudia objek wisata Menara Pisang, destinasi baru yang tengah terkenal di kalangan anak muda di Kota Kudus. Objek wisata terletak dalam kawasan perkemahan Taman Sardi. Di puncak Menara Pisang, pengunjung dapat menikmati pemandangan dari ketinggian.

Masa pandemi saat ini perlu menerapkan protokol kesehatan jika ingin berkunjung di tempat wisata ini.(*)

 

Komentar

News Feed