oleh

5 Cara Sederhana Obati Sakit Gigi

SMJTimes.com – Sakit gigi sering kali terjadi bahkan di malam hari menjelang tidur. Meski terlihat sepele, sakit gigi sangat mengganggu kenyamanan tubuh.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan nyeri sakit gigi di malam hari.

  1. Kompres dingin

Menggunakan kompres dingin dapat membantu meringankan rasa sakit sakit gigi. Taruh sekantong es yang dibungkus handuk ke sisi wajah atau rahang yang sakit

Cara ini dapat membantu menyempitkan pembuluh darah di area tersebut dan mengurangi rasa sakit sehingga memungkinkan seseorang untuk tertidur. Menaruh kompres dingin ke area tersebut selama 15-20 menit setiap beberapa jam di malam hari juga dapat membantu mencegah rasa sakit saat tidur.

  1. Gunakan bantal tinggi

Pengumpulan darah di kepala dapat menyebabkan rasa sakit dan peradangan tambahan. Bagi sebagian orang, meninggikan kepala dengan satu atau dua bantal tambahan mungkin cukup meredakan rasa sakit sehingga mereka bisa tertidur.

  1. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam adalah obat rumah yang umum untuk sakit gigi. Air garam merupakan agen antibakteri sehingga dapat mengurangi peradangan.  Cara ini juga membantu melindungi gigi yang rusak dari infeksi. Berkumur dengan air garam juga dapat membantu menghilangkan partikel makanan atau kotoran yang menempel di gigi atau gusi.

  1. Berkumur dengan hidrogen peroksida

Periodontitis adalah infeksi gusi serius yang umumnya terjadi akibat kebersihan mulut yang buruk. Kondisi ini dapat menyebabkan masalah seperti nyeri, gusi berdarah, dan gigi yang lepas dari rongganya. Studi tahun 2016 menemukan bahwa berkumur dengan obat kumur hidrogen peroksida membantu mengurangi plak dan gejala periodontitis.

Baca Juga :   Dinkes Pati Perkirakan Vaksinasi Nakes Berlangsung 6 Bulan

Orang harus selalu mengencerkan hidrogen peroksida food grade dengan air dalam jumlah yang sama. Kumur larutan di dalam mulut, tetapi jangan ditelan. Obat ini tidak cocok untuk anak-anak karena ada risiko mereka mungkin secara tidak sengaja menelan campuran tersebut.

  1. Cengkih

Eugenol yang merupakan salah satu senyawa utama dalam cengkeh, dapat mengurangi sakit gigi. Hasil dari uji klinis tahun 2015 menunjukkan bahwa orang yang mengoleskan eugenol ke gusi dan soketnya setelah pencabutan gigi memiliki lebih sedikit rasa sakit dan peradangan selama penyembuhan.

Eugenol bertindak sebagai analgesik, yang berarti membuat area tersebut mati rasa. Untuk mengatasi sakit gigi dengan cengkih, Anda dapat menghaluskan cengkih dan mencampurkannya dengan sedikit air sehingga menjadi pasta.

Baca Juga :   Manfaat Tidur Siang, Tingkatkan Kinerja Hingga Redakan Stres

Kemudian, oleskan pasta tersebut pada gigi yang sakit. Sebagai alternatif, mengunyah atau mengisap dengan lembut satu cengkeh dan kemudian membiarkannya berada di dekat gigi yang sakit dapat membantu meredakan rasa sakit. Ini bukan obat yang cocok untuk anak-anak karena mereka mungkin bisa tertelan. (*)

 

Komentar

News Feed