oleh

Mudah Obati Ambeien, Berikut 4 Bahan Rumahan yang Bisa Digunakan

SMJTimes.com – Ambeien ditandai dengan munculnya benjolan pada anus yang bisa disertai nyeri atau gatal pada anus, serta perdarahan saat BAB.

Ambeien terjadi ketika pembuluh darah di usus besar bagian akhir (rektum) dan dubur atau anus membengkak.

Ambeien memang tidak menyebabkan kematian dan pada stadium ringan bisa sembuh dengan sendirinya. Namun penyakit ini sangat mengganggu aktivitas penderita karena terasa sangat menyakitan. Penyakit ambeien sangat umum terjadi, terutama pada orang dewasa.

Berikut ini cara sederhana meredakan ambeien.

  1. Air hangat

Para dokter kerap merekomendasikan penderita ambeien yang kambuh di rumah untuk duduk di air hangat selama 15 menit selama beberapa kali sehari, terutama setelah BAB. Terdapat ember khusus yang dijual untuk merendam pantat saat ambeien kambuh.

Baca Juga :   Khasiat Tersembunyi Bengkuang, Sumber Prebiotik Baik Bagi Pencernaan

Namun, Anda juga bisa menggunakan ember biasa yang muat dengan pantat dan aman ketika digunakan untuk duduk selama beberapa saat.

  1. Witch hazel

Witch hazel yang biasanya digunakan sebagai bahan skincare ternyata juga bisa dipakai untuk mengurangi rasa sakit, gatal, dan pendarahan saat ambeien kambuh. Hingga kini belum ada penelitian ilmiah khusus yang mengungkap manfaat witch hazel untuk ambeien.

Namun, bahan alami ini potensial sebagai obat ambeien karena dapat mengatasi peradangan dan memperlambat pendarahan. Cara menggunakan witch hazel sebagai obat ambeien alami cukup praktis. Tinggal oleskan minyak witch hazel ke wasir atau ambeien.

  1. Lidah buaya

Kandungan zat antiperadangan dalam lidah buaya dapat membantu menenangkan peradangan ambeien.

Baca Juga :   Benarkah Konsumsi Daging Merah Memicu Kanker?

Penelitian khusus yang membuktikan manfaat lidah buaya untuk mengatasi ambeien hingga kini masih minim. Namun, bahan alami ini sudah terbukti membantu mengatasi peradangan untuk kulit sehingga potensial untuk ambeien.

Cara menggunakan lidah buaya sebagai obat alami ambeien cukup mudah. Oleskan lidah buaya murni (bukan dari krim atau gel yang sudah dicampur bahan lain) ke ambeien atau wasir.

  1. Garam epsom

Cara mengobati ambeien yang terasa nyeri atau menyakitkan yang bisa dijajal yakni dengan garam epsom.

Cara menggunakan garam epsom sebagai obat ambeien alami cukup praktis. Campurkan dua sendok makan garam epsom dengan dua sendok makan gliserin. Oleskan campuran ini ke kain kasa dan letakkan di area ambeien yang sakit selama 15 sampai 20 menit. Ulangi perawatan sederhana ini setiap empat sampai enam jam sekali sampai rasa nyerinya hilang. (*)

Baca Juga :   4 Manfaat Mengukus Makanan untuk Diet dan Kesehatan

Komentar

News Feed