oleh

Gunakan Bahan Ini untuk Mengobati Radang Amandel

SMJTimes.com – Amandel berupa kelenjar kecil yang terdapat di dalam tenggorokan. Umumnya, radang amandel dialami oleh anak-anak.

Fungsi utama organ tersbeut sebagai pencegah infeksi, namun seiring bertambahnya usia, sistem kekebalan tubuh pun semakin kuat.

Biasanya, gejala radang amandel pulih dalam jangka waktu 3-4 hari yang disertai dengan gejala mual, batuk, sakit kepala, demam, dan sakit tenggorokan. Gejala lainnya yang seringkali dialami anak-anak susah makan, mengeluarkan air liur terus-menerus dan sakit untuk menelan makanan.

Ada dua penyebab radang amandel, yakni diakibatkan oleh virus dan bakteri. Sementara itu, tak ada obat khusus untuk mengobati amandel, biasanya menggunakan obat Pereda rasa sakit.

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meredakan radang amandel.

  1. Larutan garam
Baca Juga :   6 Pertanda Tubuh Kelebihan Makan Garam

Berkumur dengan larutan garam bisa digunakan sebagai obat alami untuk amandel bengkak dan radang. Cara mengobati amandel radang dan bengkak dengan larutan garam cukup praktis.

Anda tinggal melarutkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Gunakan larutan garam ini untuk berkumur selama beberapa saat dan beberapa kali sehari sampai sakit tenggorokan reda.

  1. Licorice

Permen pelega tenggorokan sakit yang mengandung licorice juga bisa digunakan sebagai obat amandel alami. Ektrak licorice bersifat antiperadangan dan dapat membantu meredakan rasa sakit amandel yang sedang meradang dan bengkak. Perlu diingat, jangan memberikan permen pelega tenggorokan kepada anak kecil karena risikonya bisa tersedak.

  1. Madu
Baca Juga :   10 Cara Mengenali Kepribadian dari Wajah

Madu memiliki sifat antibakteri dan antiperadangan sehingga bisa membantu mengobati amandel radang dan bengkak.

Cara menggunakan madu sebagai obat alami amandel cukup mudah. Campurkan madu ke dalam teh, jahe, atau air putih hangat. Lalu minum selagi hangat.

Minuman madu hangat dapat membantu mengurangi peradangan sekaligus rasa tak nyaman saat penyakit amandel kambuh.

  1. Lemon

Seperti larutan garam dan madu, lemon juga dapat membantu meredakan rasa sakit saat amandel radang dan bengkak. Lemon juga banyak mengandung vitamin C yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh saat melawan infeksi.

Cara mengobati amandel dengan lemon cukup praktis. Campurkan satu sendok teh perasan lemon ke dalam minuman hangat. Lalu minum selagi hangat. Selain menjajal obat amandel alami di atas, saat penyakit kambuh penderita juga disarankan banyak minum air putih dan beristirahat.

Baca Juga :   Picu Kebutaan, Berikut 5 Fakta Tentang Stroke Mata

Hindari paparan asap rokok, segala jenis gorengan, keripik, atau makanan bertekstur keras yang bisa menyakiti tenggorokan. Jika sudah lebih dari seminggu penyakit amandel radang dan bengkak tak kunjung sembuh, segera konsultasikan ke dokter. (*)

 

Komentar

News Feed