oleh

Ratusan Terinfeksi Covid-19, RSUD Pati Kekurangan Nakes

Pati, SMJTimes.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) RAA Soewondo Pati kekurangan tenaga kesehatan (nakes). Hal ini disebabkan sebanyak 153 nakes di rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati ini terinfeksi virus corona.

Hal ini diungkapkan oleh Plt. Direktur RSUD RAA Soewondo, Edy Siswanto. Mantan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Pati ini menuturkan ratusan nakes ini tengah menjalani karantina mandiri di rumah maupun di tempat isolasi terpusat.

“Nakes sampai saat ini, ada 153 nakes yang diisolasi terpusat ada yang di rumah,” ujar Edy saat ditemui di ruang kerjanya, Sabtu (3/7/2021).

Kekurangan nakes ini membuat RSUD RAA Soewondo kuwalahan. Sebanyak 123 pasien tengah dirawat di rumah sakit yang terletak di Jalan Pati-Tayu ini. Selain itu, ada puluhan pasien tengah menunggu di IGD untuk mendapatkan ruang perawatan.

Baca Juga :   Penerapan PPKM Mikro, Dewan Harap Pemkab Berpihak pada Pelaku Usaha

RSUD RAA Soewondo pun belum bisa menambah ruangan lantaran kekurangan nakes ini. “Saat ini banyak tenaga kami yang terpapar. Sehingga kita kesulitan menambah ruangan. Kalau fasilitas kami ada ruangan. Tapi karena kekurangan nakes itu jadi untuk membuka ruangan lagi harus menunggu tenaga kami,” tutur Edy.

Ia butuh sekitar 80 nakes lagi untuk membuka ruangan untuk pasien Covid-19. “Kurang lebih kurang 80 nakes,” ungkap Edy.

Selain itu, untuk ketersediaan oksigen, RSUD RAA Soewondo hanya mampu untuk kebutuhan selama 3 hari hingga Senin (5/7/2021) ini. “Kontinuitas oksigen. Alhamdulillah kemarin kita mendapatkan bantuan dari CSR Semen Gresik. Kita 3 hari ke depan aman oksigenmya,” jelasnya.

Baca Juga :   Penerapan PPKM Darurat, Berikut Anjuran Penggunaan Masker yang Tepat

“Ketersediaan ruangan. Ini yang sebelumnya kita prihatin. Pasien yang masuk dan yang keluar ini masih banyak yang masuk. Sehingga banyak yang menunggu di IGD,” tandas Edy. (*)

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “153 Nakes Positif Covid-19, RSUD RAA Soewondo Pati Kekurangan Nakes”

Komentar

News Feed