oleh

Kebanjiran Pasien Covid-19, Kapasitas Rumah Sakit Pati Penuh

Pati, SMJTimes.com – Kasus Covid-19 yang mengalami kenaikan pada beberapa pekan terakhir membuat beberapa rumah sakit di Kabupaten Pati mengalami over capacity atau kelebihan pasien Covid-19, termasuk Rumah Sakit Umum (RSU) Mitra Bangsa.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Direktur RSU Mitra Bangsa Suworo Nurcahyono, Jumat (11/6/2021). “Rata rata (rumah sakit) sudah over capacity,” ujar dia kepada awak media.

Suworo Nurcahyono menuturkan awalnya pihaknya mempunyai 16 tempat tidur isolasi. Kemudian meningkat jadi 20, meningkat lagi menjadi 25, 31, hingga sekarang mempunyai 38 tempat tidur untuk pasien Covid-19.

“Sedangkan pasien Covid-19 (saat ini) ada 37 dan masih ada 6 pasien yang menunggu di IGD. Jadi sudah over capacity,” lanjut Suworo Nurcahyono.

Baca Juga :   Kasus Melonjak, Pemkab Rembang Tambah Tempat Isolasi Terpusat

Dengan kelebihan kapasitas ini membuat pihaknya berencana menambah tempat tidur untuk pasien Covid-19 lagi pada pekan depan. Pihaknya akan menambah 32 tempat tidur dengan mengalihkan ruangan yang awalnya untuk pasien biasa dialihkan menjadi pelayanan Covid-19.

Saat ini tempat tidur untuk pasien non Covid-19 di RSU Mitra Bangsa Pati berjumlah 144 tempat tidur.

“32 tidur ini kita alihkan dari ruangan pasien biasa. Tetapi kalau terpaksa, kita buat tenda,” katanya.

Apabila setelah adanya penambahan ini ada indikasi over capacity lagi, pihaknya berharap kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pati untuk membuat tempat isolasi atau perawatan Covid-19 terpusat kembali.

“Bangun rumah sakit memang sulit, tapi mungkin cari alternatif tempat mana yang dialihkan. Kalau mentok ya tenda lagi. Nanti mungkin DKK bisa bekerja sama dengan BPBD, TNI/Polri, untuk meminjam tendanya,” tandasnya. (*)

Baca Juga :   Relaksasi Denda, Antusiasme Bayar Pajak Kecelakaan Turun

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Covid-19 Melonjak, Rumah Sakit di Pati Over Capacity”

Komentar

News Feed