oleh

Jadi Menag, Gus Yaqut Singgah ke Rembang Sambangi Gus Mus

Rembang, SMJTimes.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa (22/12/2020) menunjuk Ketum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) sebagai Menteri Agama RI. Gus Yaqut menjabat sebagai menteri Agama menggantikan Fachrul Razi.

Setelah penunjukkan itu, Gus Yaqut melakukan kunjungan ke Rembang pada Jumat (25/12/2020) di dua tempat berbeda.  Yakni silaturahmi ke ponpes al-Anwar, Karangmanggu, Sarang dan ke kediaman Mustofa Bisri atau Gus Mus di Leteh, Rembang.

Baca juga : Gus Yaqut Sambangi Pesantren di Pati, Kyai Muadz: Semoga Selamat

Saat melakukan silaturahmi, Gus Yaqut juga sempat menyinggung PR besar yang dihadapi Indonesia saat ini kepada awak media. Sebagai Menteri Agama, tugas yang diberikan oleh presiden Jokowi padanya berupa penanganan radikalisme dan FPI.

“Berkait dengan paham radikal bahwa kita ajak mereka untuk kembali sebagai warga bangsa dan bersama-sama membangun negara Indonesia menjadi maju dan besar, apabila tidak bisa kita harapkan mereka keluar dari NKRI,” ungkapnya.

Baca juga : Gus Yaqut Didapuk menjadi Menteri Agama, Gus Hanies Mengaku Bangga

Sedangkan, untuk permasalahan FPI ia akan mengedepakan dialog terhadap beberapa pihak. Ia juga menegaskan selama tidak merongrong pemerintah, pihaknya sebagai Menteri Agama akan tetap melakukan perlindungan ke pihak FPI.

“Posisi saya pada saat di Ansor dan saya di Menag itu beda, kalau di Ansor kita tinggal sikat gak apa apa tapi di Menag beda. Saya sampaikan sebagai warga negara selama tidak merongrong negara masih saya lindungi dan setiap permasalahan bisa diselesaikan dengan dialog,” ucapnya.

Baca juga : Tak Kunjung Diambil, BPUM Bisa Hangus

Selain itu, dalam kunjungan ke ponpes al-Anwar ia juga mengutarakan ingin menjadikan kiai Abdullah Ubab MZ sebagai salah satu staf khususnya di kementerian.

“Saya minta nanti Mbah Ubab jadi staf ahli kalau bersedia, karena staf ahli ndak perlu ngantor, cuma sesekali dihubungi minta pendapat, ini pesan Mbah Mus soalnya,” tutupnya.

Baca juga : 

Reporter: Aziz Afifi

Komentar

News Feed