oleh

Dewan Berharap Pemkab Pati Mengadakan Pembinaan kepada Koperasi

Pati, Smjtimes.com – Dari data yang di dapat dari Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Pati, ada 525 koperasi di Pati yang dibubarkan. Komisi B Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Narso menyampaikan keprihatinannya tehadap fakta tersebut.

“Akhir-akhir ini kita kerap mendengar berita miring tentang koperasi. Apalagi di Pati ada 525 koperasi yang akan dibubarkan pemerintah, dan banyak koperasi yang gulung tikar. Ini adalah kesedihan kita,” ujarnya kepada Mitrapost.com, Senin (13/7/2020).

Padahal bila masyarakat bisa memaksimalkan peran koperasi dalam berbagai sektor, banyak benefit yang akan didapat.

“Kalau elemen masyarakat usaha kecil berhimpun bersama, maka mereka akan menjadi kuat. Mereka bisa mengakses bahan baku menjadi lebih murah. Ini memang belum berjalan, tapi saya ambil contoh pemindang ikan di Juwana. Dengan fenomena menjamurnya cold storage (gudang ikan) di Juwana, jika saja mereka berhimpun membuat koperasi, mereka bisa saja akan mendapatkan bahan baku yang kontinyu dengan harga terjangkau. Jadi mereka bisa bersaing. Bahkan para pemindang ikan ini harus punya cold storage sendiri. Jika mereka berhimpun jadi mereka kuat,” urainya.

Baca juga: BMT Fastabiq Menyuplai Barang ke Warung Kelontong

Menurutnya, pemerintah bisa berupaya menumbuhkan kesadaran masyarakat terdahap pentingnya peran koperasi.

“Kita berharap agar pemerintah mengadakan pembinaan kepada koperasi, supaya menghindarkan dari pembubaran koperasi, menghindarkan dari kebangkrutan. Pembinaan bukan pada sisi manajemen saja, tapi juga harus memahamkan masyarakat terkait aturan dalam berkoperasi. Karena tidak sedikit jenis koperasi milik perorangan dan karyawannya dijadikan anggota. Harus ada pembinaan,” harapnya.

Narso juga berharap masyarakat tidak menutup diri terhadap segala hal yang berhubungan koperasi, agar ekonomi daerah dan negara makin menguat.

“Kita harus membangun kesadaran bersama, baik pemerintah atau masyarakat. Bahwa koperasi adalah pilar ekonomi, makanya harus diperkuat. Kalau korprasi kuat, maka perekonomian daerah dan negara akan kuat,” imbau Narso. (*).

Baca juga: Kerjasama dengan Koperasi JSM Jepara, PCM Keling Selaraskan Program Kulakan Berjamaah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *