oleh

31 Kabupaten di jateng Diprediksi Kekeringan, BPBD Siapkan 1.000 Tangki Air Bersih

Semarang – Kemarau panjang mulai mengintai, ancaman kekeringan mulai terlihat. Untuk mengantisapasi hal tersebut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah telah menyiapkan air bersih sebanyak 1.000 tangki.

Anggaran sebesar Rp320 juta telah sisiapkan untuk mengantisipasi bencana kekeringan yang mungkin terjadi selama musim kemarau tahun ini. Dana itu nantinya akan digunakan untuk menyuplai air bersih sebanyak 1.000 tangki kepada masyarakat.

“Air bersih itu nantinya akan diberikan ke daerah-daerah yang mengalami kekeringan akibat musim kemarau panjang tahun ini,” kata Sudaryanto, Kepala BPBD Jateng pada Rabu (26/6/2019).

Namun suplai air bersih baru akan diterjunkan apabila pihak kabupaten/kota sudah tidak sanggup melayani permintaan air bersih dari warga. Sampai hari ini, penanganan kekeringan di beberapa kabupaten/kota masih dapat diatasi oleh daerah masing-masing.

Baca Juga :   UMK Wisuda 604 Mahasiswa Secara Drive Thru

Lanjut Sudaryanto, sudah ada 10 kabupaten/kota yang mengalami kekeringan, di antaranya Cilacap, Purbalingga, Temanggung, Wonogori, Blora, Grobogan, Pati, Demak dan sekitarnya.

Komentar