oleh

Jateng Siap Terapkan Desa Inklusif, Ganjar Target Pendataan Penyandang Disabilitas

Surakarta – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, siap terapkan desa inklusif di seluruh Jawa Tengah yang akan melibatkan kamu disabilitas di dalamnya. Pendataan penyandang disabilitas ditargetkan selesai dalam tiga minggu ini.

Sebelumnya, selama lima tahun terakhir ini penyandang disabilitas selalu diberikan ruang untuk ikut serta dalam penyelenggaraan Musrenbangwil di enam keresidenan Jawa Tengah. Termasuk di dalamnya adalah ruang untuk menyampaikan usulan pembangunan.

“Kebijakannya memang harus sampai di level desa. Ini juga memerlukan keberanian dari kepala desa. Pemprov telah melakukan itu, tinggal sekarang kabupaten sampai desa mengikuti,” kata Ganjar di Surakarta saat berbincang dengan tokoh-tokoh peduli disabilitas dari beberapa daerah, Selasa (10/9).

Baca Juga :   Hasil Tes Swab 18 Pasien di Grobogan Dinyatakan Negatif Covid-19

Baca juga: Ganjar : Penyandang Disabilitas Butuh Ruang untuk Berekspresi

Persoalan yang dihadapi untuk memuluskan program desa inklusif adalah pendampingan khusus kepada kepala desa, yang salah satu tugasnya adalah memberi indikator klasifikasi penyandang disabilitas.

“Yang dibutuhkan sekarang adalah data penyandang disabilitas yang valid di seluruh desa. Di Jawa Tengah ada 7809 desa. Jika itu terealisasi, bisa dijadikan basic untuk membuat kebijakan pemerintah,” katanya.

Komentar