oleh

Dinsos PPPA Pati Beri Pendampingan ‘Trauma Healing’ Terhadap Korban yang Terbakar Akibat Mercon Bumbung

Kota, Pati – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pati beri pendampingan khusus kepada korban terbakar akibat mercon bumbung, Jumat (14/6).

Khoirul bersama ketiga temannya yakni Hery dan Rizki akan diberikan pendampingan atas kemungkinan trauma pasca kejadian tersebut.

“Karena pasti anak-anak itu akan mengalami trauma akibat dari kejadian yang menimpanya,” ungkap Etik Tri Hartanti, kabid PPPA Pati.

Selain itu, PPPA Kabupaten Pati juga akan bekerjasama dengan PPPA provinsi untuk melakukan pendampingan atas trauma yang mungkin dialami oleh korban.

“Kebetulan tim PPPA dari provinsi juga ikut terjun untuk memantau kejadian ini, sehingga kita akan bekerjasama untuk melakukan pendampingan kondisi trauma korban,” pungkasnya.

Baca juga : Dinsos PPPA Beri Bantuan Sekaligus Pastikan Kebenaran Korban Terbakar Akibat Mercon

Siti Nyutiyanti dari Dinas Pusat Pelayanan Terpadu (PPT) Khusus Perempuan Dan Anak Provinsi Jateng mengatakan, pendampingan ini sangat diperlukan karena kalau tidak ada perhatiannya nanti anak-anak tersebut bisa depresi atau ketakutan di masyarakat.

“Dengan adanya pendampingan dan pengarahan khusus, tujuannya agar anak tidak tertekan pikiran dan mentalnya, sehingga anak tidak ketakutan dalam bersosial di masyarakat,” jelasnya.

Sehingga kedepannya korban bersangkutan bisa kembali berkativitas dan bersosialisasi di masyarakat dengan normal dan tidak ada tekanan akibat peristiwa yang pernah dialami.

Mengingat kejadian ini, Dinsos PPPA Kabupaten Pati dan PPT Provinsi Jateng mengimbau kepada orang tua agar memberikan pengawasan terhadap aktivitas anak. Salah satunya jika anak bermain petasan.

Dengan harapan anak anak tersebut bisa kembali beraktifitas dan bermain bersama teman temannya tanpa ada tekanan dari siapapun akibat dari peristiwa yang telah menimpanya.

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *