Berikut Kesalahan Umum Saat Mengelola Keuangan

SMJTimes.com – Mengelola keuangan menjadi suatu aktivitas yang menantang, namun juga memberikan manfaat jangka panjang. Aktivitas ini membutuhkan kedisiplinan. Meskipun demikian, tidak sedikit orang juga membuat kesalahan dalam prosesnya.

Berikut lima kesalahan umum terkait uang yang harus dihindari , dikutip dari Medium.

Tidak mempunyai anggaran

Salah satu kesalahan keuangan umum yang terjadi adalah tidak memiliki anggaran. Anggaran memungkinkan Anda melacak pendapatan dan pengeluaran. Ini akan memudahkan Anda melihat ke mana saja perginya uang, kemudian membuat penyesuaian sesuai kebutuhan.

Tidak cukup menabung

Tidak cukup tabungan membuat Anda mengalami kesulitan dalam merencanakan masa depan. Faktanya, banyak kebutuhan di masa depan yang harus Anda dipenuhi dengan menabung, seperti DP rumah, biaya menikah dan lain-lain. Dengan demikian, mulailah menghemat uang dan tetapkan tujuan jangka panjang.

Baca Juga :   BUMDes Malang Siap Ekspor Anggrek ke Thailand

Terlalu banyak berhutang

Saat ini banyak metode yang memudahkan untuk berhutang, mulai dari kartu kredit, fitur paylater hingga pinjaman online. Namun demikian, perlu dibatasi dorongan untuk berhutang jika Anda ingin terbebas dari tekanan untuk melunasinya.

Tidak berinvestasi untuk masa depan

Tidak menginvestasikan uang berarti kehilangan potensi pertumbuhan dan kehilangan kesempatan untuk membangun kekayaan seiring berjalannya waktu. Maka dari itu, mulailah untuk mencari alat investasi yang cocok untuk Anda.

Kurangnya edukasi keuangan

Kesalahan lainnya adalah kurangnya pengetahuan tentang pengelolaan uang. Banyak orang tidak memahami konsep dasar keuangan, sehingga dapat menyebabkan keputusan keuangan yang buruk. (*)

Komentar