5 Ide Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa

SMJTimes.com – Menjadi seorang mahasiswa adalah fase yang tepat untuk belajar mandiri dan bergantung pada diri sendiri. Meski memiliki kewajiban untuk belajar, waktu luang di luar kuliah dapat dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan positif, salah satunya dengan berbisnis.

Selain memberikan uang tambahan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari tanpa bantuan orang tua, bisnis diusia muda juga dapat melatih jiwa kewirausahaan dan skill komunikasi. Dilansir dari Investor.id, berikut beberapa ide bisnis yang mudah dilakukan oleh mahasiswa.

Jasa penerjemah

Bagi kalian yang merupakan mahasiswa jurusan bahasa, peluang bisnis bisa menjadi ide bisnis yang sangat menguntungkan. Selain mendapat bayaran dengan menerjemahkan dokumen maupun jurnal klien, menjadi penerjemah juga dapat meningkatkan skill dan pendalaman Anda pada jurusan yang diambil.

Baca Juga :   IMF Menyoroti Proyeksi Perekonomian 'Tiga Besar Dunia'

Desain grafis

Bagi Anda yang kuliah di jurusan desain, ide bisnis dengan menawarkan jasa desain dapat menjadi jalan untuk mendapatkan cuan. Untuk memulainya, coba upload karya di platform media sosial sebagai portofolio. Anda bisa menawarkan jasa vector, fanart, dan sebagainya. Hal yang paling penting adalah promosi secara online untuk mendapatkan klien-klien potensial.

Admin online shop

Ide bisnis untuk mahasiswa lainnya adalah sebagai admin online shop. Anda tidak membutuhkan modal besar dan hanya bertugas untuk mengiklankan produk-produk dari supplier. Selain itu, Anda juga dapat dengan mudah mengelolanya kapan pun dan dimana pun karena bantuan teknologi yang semakin canggih.

Bisnis pulsa dan paket data

Bisnis jual-beli paket data dan pulsa juga dapat menjadi bisnis sampingan Anda saat masih kuliah. Anda bisa menawarkan jasa pada orang-orang di sekitar kampus yang membutuhkan pulsa dan paket data dalam waktu cepat. Berjualan pulsa dan paket data dapat mendatangkan keuntungan yang cukup baik.

Baca Juga :   Jangan Gampang Tersinggung, Berikut Cara Tanggapi Komplain Pelanggan dengan Profesional

Bimbingan belajar

Untuk menyalurkan ilmu yang Anda miliki, Anda bisa membuka bisnis bimbingan belajar bagi anak-anak. Untuk pemula, Anda bisa menawarkan jasa ke anak-anak yang tinggal di sekitar yang membutuhkan bantuan tutor untuk belajar. Sesuaikan waktu mengajar agar tidak mengganggu jadwal kelas Anda.

Komentar