Selain Daging, Makanan-makanan Berikut Bisa Sebabkan Sembelit

Sebuah studi menunjukkan bahwa konstipasi memengaruhi sekitar 30% orang yang mengalami intoleransi laktosa dan konstipasi fungsional (gangguan gastrointestinal yang paling umum terjadi pada anak-anak).

Bagi anda yang memiliki intoleransi laktosa, pertimbangkan untuk konsumsi susu dari bahan nabati seperti kedelai atau susu almond yang bermanfaat dalam mengatasi gejala sembelit dan menjaga kenyamanan pencernaan.

Cokelat

Sebuah penelitian di Jerman menunjukkan bahwa cokelat paling berpotensi menyebabkan sembelit. Hal ini disebabkan karena tingginya kandungan lemak dalam coklat yang dapat memperlambat pergerakan makanan melalui saluran usus.

Makanan manis olahan

Makanan manis olahan, seperti kue kering, biskuit, makanan beku, keripik kentang, pretzel, dan makanan ringan olahan lainnya disebut sebagai salah satu makanan yang dapat menyebabkan sembelit jika dikonsumsi berlebihan. Makanan-makanan tersebut tidak banyak mengandung serat dan cairan, serta memiliki lemak dan gula tambahan tinggi. Kandungan tersebut dapat memperlambat pencernaan dan menunda motilitas usus.

Komentar