Tips Mencegah Asam Lambung Naik

SMJTimes.com – Refluks asam atau asam lambung merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus pada katup sfingter esofagus bagian bawah. Otot tersebut mengontrol saluran antara kerongkongan dan lambung, ketika tidak menutup sepenuhnya, asam lambung dan makanan mengalir kembali ke kerongkongan. Kondisi ini dapat menyebabkan sakit tenggorokan dan suara serak, serta rasa tidak enak di mulut. Secara medis, kondisi ini dikenal dengan refluks gastroesofagus (GERD).

Beberapa gejala GERD dapat meliputi mulas, nyeri perut bagian atas dan dada, regurgitasi atau isi perut naik kembali melalui kerongkongan dan masuk ke tenggorokan atau mulut, mual, nyeri saat menelan, gejala komplikasi mulut, tenggorokan, atau paru-paru, batuk kronis atau suara serak.

Baca Juga :   Tips Mencegah Naiknya Asam Lambung

GERD dapat disebabkan oleh kondisi kesehatan, seperti obesitas, hernia hiatal, kehamilan, dan mengalami scleroderma. Sementara itu, gaya hidup yang buruk dalam jangka waktu yang cukup panjang juga dapat menyebabkan GERD, seperti kebiasaan merokok, makan terlalu banyak saat malam, konsumsi makanan berlemak, pedas dan asam, terlalu sering konsumsi minuman bersoda, alkohol, kafein dan obat-obatan tertentu.

Komentar