Benarkah Tertawa Baik bagi Kesehatan?

SMJTimes.com – Berapa kali Anda tertawa dalam sehari? Tertawa merupakan ekspresi umum yang biasanya menunjukkan kegembiraan dan kesenangan atas peristiwa yang dialami atau humor yang diceritakan.

Selain sebagai ungkapan rasa gembira, tertawa juga merupakan obat paling ampuh untuk mengelola stres dan mengembangkan ketahanan psikologis. Kebahagiaan dan humor dapat meningkatkan fungsi otak, yang terbukti dapat meningkatkan konektivitas di berbagai bagian otak sebagai respons terhadap stres, yakni tertawa.

Banyak penelitian menunjukkan efek menguntungkan dari tertawa, misalnya meningkatkan ambang rasa sakit dan dapat membantu memutus siklus kurang tidur, depresi, dan penurunan sistem imun. Tertawa juga menurunkan tekanan darah, epinefrin, dan kadar glukosa, serta meningkatkan toleransi glukosa. Tawa juga meningkatkan pemulihan dan pencegahan kanker dengan meningkatkan aktivitas sel pembunuh alami.

Baca Juga :   Berikut Pilihan Warna Cat untuk Kamar, Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak

Dikutip dari Psychiatric Times, menertawakan diri sendiri juga mendorong penyembuhan mental. Humor memfasilitasi penerimaan terhadap sifat-sifat yang kemungkinan besar tidak akan berubah. Sehingga, tertawa membantu menjinakkan kritik batin yang menuntut standar yang sulit dicapai. Ini juga akan meningkatkan penghargaan diri sendiri.

Komentar