Sering Sembelit? Konsumsi Minuman Pelancar BAB Berikut Ini!

SMJTimes.com – Jika anda pernah mengalami sulit buang air besar (BAB) hingga harus membuang banyak waktu di dalam kamar mandi, mungkin anda sedang mengalami konstipasi atau sembelit. Sembelit merupakan kondisi di mana kita mengalami kesulitan ekskresi atau mengeluarkan zat-zat sisa metabolisme dari dalam tubuh. Sembelit ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, namun paling umum karena perubahan pola makan yang kurang serat dan kurang berolahraga.

Sembelit membuat perut merasakan ketidaknyamanan, bahkan saat BAB sering kali diperlukan mengejan yang mana hal itu bisa mengakibatkan bagian anus terluka atau mengeluarkan darah, terlebih ketika tinja yang kita keluarkan memiliki tekstur yang keras.

Untuk mencegah sembelit, ada beberapa minuman sehat yang dapat dikonsumsi untuk membantu melancarkan pencernaan.

Baca Juga :   Tips Skincare Khusus Pria, Merawat Kulit Itu Investasi!

Air Putih

Dilansir dari Kompas, Melanie Marcus, MA, RD yang merupakan seorang ahli diet menjelaskan bahwa konstipasi adalah hasil dari makanan yang tidak tercerna dan tersangkut di usus, sehingga tubuh perlu dihidrasi. Cairan yang paling baik untuk menghidrasi tubuh adalah air putih. Ia merekomendasikan orang dewasa untuk minum air putih sekitar 1,5 hingga 2 liter sehari.

Komentar