Strawberry Parents : Pola Asuh Orang Tua yang Membuat Mental Anak Mudah Rapuh

SMJTimes.com – Terbentuknya karakter anak salah satunya dipengaruhi oleh pola asuh orang tua. Akhir-akhir ini, muncul lagi suatu istilah yang disebut dengan strawberry parents. Sebenarnya, apa sih yang disebut dengan strawberry parents?

Dilansir dari CNN Indonesia, istilah ini digunakan untuk menyebut gaya didikan orang tua yang dapat melahirkan strawberry generation. Sementara itu, strawberry generation sendiri merupakan sebutan bagi anak yang terlihat indah namun mudah rapuh dan lunak seperti buah stroberi.

Profesor Rhenald Khasali dalam bukunya yang berjudul Strawberry Generation mengatakan bahwa generasi stroberi adalah mereka yang memiliki sifat kreatif, tapi mudah menyerah dan gampang sakit hati.

Karakter seperti itu muncul karena didikan orang tua yang terlalu memanjakan anak. Selain itu, pemberian berbagai fasilitas yang berlebihan juga dapat memunculkan strawberry generation ini.

Baca Juga :   Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri

Meski banyak dari mereka yang dididik dengan gaya ‘strawberry parents’ tumbuh menjadi sosok yang kreatif, namun mereka kerap kali tak mampu menghadapi tekanan berat dan mudah kecewa karena terbiasa hidup nyaman dengan berbagai kebebasan dan fasilitas yang diberikan orang tua.

Komentar