oleh

Bupati Pati Lepas 10 Armada Mudik Gratis

Pati, SMJTimes.com – Sebanyak 10 armada bus mudik gratis resmi dilepas oleh Bupati Pati Haryanto pagi ini, Rabu (27/4/2022). Armada mudik tersebut nantinya akan menjemput warga asli Pati yang merantau di Jabodetabek.

Bupati melansir, setidaknya 10 armada tersebut bisa menjemput kurang lebih 500 pemudik. Ia mengharapkan lalu lintas jelang arus mudik Lebaran lancar sehingga para perantau bisa pulang tepat waktu dan selamat.

“Karena waktunya masih longgar, jadi menurut saya arus mudik masih aman. Terlebih itu kan dibuat satu jalur, diutamakan bagi yang menjemput pemudik. Tujuan kita di sini mendoakan dan memberikan semangat bagi para sopir karena membawa 500 orang. Mungkin ada juga yang pulang dengan kendaraan lain,” kata Bupati Pati dalam sambutannya.

Baca Juga :   Layanan Perpustakaan Keliling Dikurangi di Pati Lantaran Pandemi

Haryanto menjelaskan program armada mudik gratis merupakan respon cepat dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati terhadap kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperbolehkan mudik Lebaran tahun 2022.

Dilansir dari hasil survey Badan Litbang Kemenhub RI, diprediksi sekitar 85,5 juta masyarakat akan melaksanakan perjalanan selama Lebaran tahun 2022 ini. Hal itu membuktikan bahwa animo mudik masyarakat, khususnya Jawa Tengah tahun ini cukup tinggi.

Ia mengharapkan program ini bisa menjadi program rutin pemerintah daerah dalam rangka  memberi keringanan kepada perantau yang ingin mudik Lebaran ke Bumi Mina Tani.

“Pemkab memfasilitasi 10 bus untuk mudik dari Jakarta. Se-Jawa Tengah paling banyak Kabupaten Pati. Daerah-daerah lain malah ada yang tidak menyediakan. Karena kebetulan kami memang setiap tahun menyediakan bus mudik gratis kepada warga saya yang pulang ke Pati,” ujarnya.

Baca Juga :   Bazar Murah Minyak Goreng untuk Warga Sinoman Pati

Dalam penjemputan tersebut, sejumlah pihak mendampingi perjalanan di antaranya Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pati, IKKP dan pendamping perantau dari Jakarta.

Terpantau acara pelepasan armada bus mudik yang dilakukan di halaman Sekretariat Daerah (Setda) Pati pagi ini berjalan lancar. Selain Bupati, turut hadir juga Wakil Bupati Saiful Arifin, Sekretaris Daerah (Sekda) Pati Jumani, Kapolres Pati, Dandim 0718/Pati, dan sejumlah instansi terkait lainnya. (*)

Komentar