oleh

Dewan Pati Sebut Renovasi Bendungan di Margorejo Tak Bermanfaat

” Tapi masalah renovasi itu juga harus ada peninjauan dari segala aspek, Hal ini tidak berhenti  masalah debit air saja tetapi masalah kondisi airnya sendiri harus juga menjadi perhatian. Kalau kondisi airnya tidak normal (dampak limbah) maka sumber asal aliran air tersebut perlu ditelusuri, apabila ditemukan sumber limbah, maka limbah tersebut harus ditangani lebih dahulu, ” imbuhnya dengan detail.

Ia merasa, program IPDMIP itu tidak ada manfaat yang dirasakan oleh para petani, karena tidak mengatasi limbah tersebut terlebih dahulu, sedangkan bendungan sudah sangat mumpuni menampung air.

” Sumber limbah harus benar benar sudah sesuai baku mutu yang boleh dibuang ke sungai. Kalau belum maka pemerintah Kabupaten dalam hal ini DLH harus segera turun tangan untuk menyelesaikannya, cek kelapangan uji lab dan membina pemilik usaha / perusahaan yang membuang limbah untuk segera menyelesaikan, ” tegas politisi dari Partai Golongan Karya (Golkar) tersebut.

Baca Juga :   Gandeng 4 Distributor, Stok Minyak Goreng di Rembang Aman

Sebagai informasi, IPDMIP, Program ini dimaksudkan untuk meningkatkan pendapatan petani melalui perbaikan saluran irigasi persawahan. Seperti diketahui irigasi atau pengairan adalah unsur yang fundamental dalam dunia pertanian.

Akan tetapi, jika program tersebut tidak memberikan efek kepada petani di salah satu programnya, dirasa akan sangat percuma punya bendungan bagus tetapi kualitas airnya tidak layak untuk lahan pertanian. (*)

Komentar