oleh

Disebut Gelap dan Sumuk, Gus Hanies Minta Infrastruktur Museum Kartini Diperbaiki

Rembang, SMJTimes.com – Wakil Bupati Rembang, Muhammad Hanies Cholil Barro’ meminta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Kabupaten Rembang membenahi infrastruktur Museum RA Kartini. Hal itu ia minta untuk meningkatkan minat masyarakat mengunjungi situs kepahlawanan asli Kota Garam.

Pria yang akrab disapa Gus Hanies itu mengaku banyak mendapat keluhan dari masyarakat Rembang maupun luar Rembang. Masyarakat yang merupakan pengunjung menganggap suasana Museum RA Kartini kurang nyaman.

Gus Hanies menilai hal tersebut menyebabkan minat pengunjung terus menurun untuk mendatangi salah satu cagar budaya kebanggaan warga Rembang itu.

Disebut Gelap dan Sumuk, Gus Hanies Minta Infrastruktur Museum Kartini Diperbaiki

“Soal infrastrukturnya yang sering saya dengar museum Kartini marai peteng kok, Kang.  Kedua sumuk, itu yang sering muncul dari masyarakat,” ujar Gus Hanies saat membuka acara pemilihan Duta Museum Kabupaten Rembang 2022 yang digelar di Pendopo Kabupaten Rembang, Senin (28/3/3022) kemarin.

Baca Juga :   PMI Rembang Periode 2022-2027 Dilantik Hari Ini

Kaitannya dengan anggaran revitalisasi museum, Gus Hanies menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang siap men-support melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

“Soal infrastruktur pengunjung dibuat nyaman itu tugas Pak Mutaqin (Kepala Dinbudpar Kabupaten Rembang) agar bisa segera eksekusi. Soal anggaran, nanti kita carikan gampang yang penting kenyamanan pengunjung,” kata dia.

Selain perbaikan infrastruktur, ia juga meminta Dinbudpar Kabupaten Rembang terus menjalin kerjasama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Rembang dan Kementerian Agama (Kemenag) kaitannya dengan program kunjungan siswa sekolah dan madrasah ke museum.

Perlu diketahui, Museum RA Kartini merupakan museum kepahlawanan yang berada  di Desa Kutoharjo Kecamatan Rembang. Berjarak 300 meter dari pusat Kota Rembang. Museum ini biasa dikunjungi para wisatawan untuk mengenang sejarah pahlawan wanita Raden Ajeng (RA) Kartini.

Baca Juga :   Bupati Minta Masyarakat Lepas Tanah untuk Proyek Jalan Lingkar

Situs budaya dan objek wisata unggulan Rembang ini berisi peninggalan asli dari RA Kartini mulai dari tulisan asli, kamar pengabadian, dan gedung tempat mengajar. (*)

Komentar

News Feed