oleh

Pentingnya Sosialisasi Vaksin Booster

Pati, Mitrapost.com – Endah Sri Wahyuningati selaku Wakil Ketua Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati mengungkapkan sosialisasi vaksin Booster sangat penting dilakukan kepada masyarakat.

Hal yang perlu betul-betul diimplementasikan adalah koordinasi dan manajemen vaksin yang bagus buat capaian vaksinasi bagi lanjut usia (Lansia) dan anak sekolah.

Menurutnya, selama ini sering adanya vaksin yang expired date (ED) nya sudah mepet dengan tanggal pelaksanaan. Sehingga agak terkesan memaksa.

“Ada beberapa perubahan mendasar terkait aturan vaksin. Contoh, bahwa pelaksanaan booster dahulu yang dinyatakan enam bulan, sekarang tiga bulan bisa melaksanakan booster. Bahwa ketika booster itu harus berbeda dengan vaksin satu dan dua, ternyata sekarang bisa,” ujarnya.

Baca Juga :   Puluhan Ribu Vaksin Siap Didistribusikan untuk Pelajar dan Santri

Ia mengimbau sosialisasi ke masyarakat harus lebih instens, supaya masyarakat tidak bingung dan takut. Sebab, seperti yang diketahui, bahkan vaksin dan booster ini pun tidak menjamin suatu antibodi untuk tidak terpapar lagi.

Pentingnya Sosialisasi Vaksin Booster

“Namun ini menjadi tugas bersama, tidak hanya DKK sebagai lini sektor, teman-teman di puskesmas dan seluruh perangkat desa, bagaimana masyarakat kita lebih sadar diri untuk mendapatkan vaksin. Supaya minimal tugas terhadap pencegahan dan penanggulangan persebaran ini lebih maksimal,” tegasnya.

Kemudian kelompok masyarakat lansia secara fisik dan kesehatan, rentan dengan kemungkinan mengidap komorbid. Hal ini akan fatal jika terkena virus Covid-19. pasalnya, kasus Covid-19 ada peningkatan, malah terus bermutasi.

Baca Juga :   Ribuan Vaksin di Pati Terancam Kadaluwarsa

Lebih lanjut, langkah yang harus diambil pemerintah agar target vaksinasi lansia bisa meningkat yaitu dengan cara persuasif yang melibatkan sejumlah elemen masyarakat.

“Harapannya, vaksinasi untuk lansia dosis lengkap dan booster dapat segera mencapai target,” kata Bu Ning kepada awak media belum lama ini. (*)

Komentar

News Feed