oleh

Ruang Terbuka Yogya Bakal Ditutup saat Nataru

SMJTimes.com– Alun-alun Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan ditutup selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022. Hal tersebut sesuai dendgan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) No 66 tahun 2021 soal Natal dan Tahun Baru (Nataru).
“Jadi substansi menutup Alun-alun adalah semua ruang terbuka yang berpotensi sebagai tempat berkerumun. Termasuk Alun-Alun Selatan (Alkid),” kata Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji, di Kompleks Kepatihan, Kantor Gubernur DIY, Kemantren Danurejan, Yogyakarta dikutip dari Detik News, pada Senin (13/12/2021).

Perlu diketahui sebelumnya, Inmendagri No 66 tahun 2021 melarang pesta perayaan dengan kerumunan di tempat terbuka/tertutup, mengurangi penggunaan pengeras suara yang menyebabkan orang berkumpul secara masif, dan membatasi kegiatan masyarakat termasuk seni budaya yang menimbulkan kerumunan yang berpotensi terhadap penularan COVID-19.

Baca Juga :   Perayaan Nataru Daring oleh Warga Binaan Rutan II B Rembang

Dalam hal ini, Aji mengungkapkan selama libur Nataru, area terbuka akan dijaga petugas gabungan, TNI, Polri, dan Satpol PP.

“Ya nanti kota-kabupaten baik Satpol PP, kepolisian, dan TNI akan menjaga ruang-ruang terbuka itu. Agar tidak menjadi tempat untuk berkerumun,” imbuhnya.

Aji juga mengatakan penjagaan di ruang terbuka tersebut tidak hanya dilakukan saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) saja. Petugaas gabungan ini akan dikerahkan untuk mencegah kerumunan masyarakat guna mencegah penyebaran Covid-19.

“Penjagaan khususnya hanya ruang terbuka. Obyek wisata diperbolehkan tetap beroperasi,” terang Aji.

Aji mengungkapkan kebijakan ini diterapkan lantaran berkaca pada pengelaman ditutupnya sejumlah objek wisata yang membuat wisatwan berkumpul di Malioboro. Kebijakan ini diambil untuk mengantisipasi menumpuknya waisatawan.

Baca Juga :   DPRD Pati Apresiasi Even Ekspresi Seni Budaya PeSONas bagi Disabilitas

“Pengalaman kemarin (PPKM) level 3, semua wisatawan ke Malioboro karena obwis yang lain tidak buka,” ujar Aji. (*)
Artikel ini telah tayang di Detik News dengan judul “Info Lur! Alun-alun Yogya Bakal Ditutup Saat Nataru”

Komentar

News Feed