oleh

Bupati Haryanto Resmikan Monumen Pertempuran Pucakwangi

Pati, SMJTimes.com – Bupati Pati Haryanto, SH., MM meresmikan Monumen Pertempuran Pucakwangi pada Sabtu (20/11/2021). Peresmian ini dilakukan sekaligus dirinya melantik Pengurus DHC 45 periode 2021 – 2026.

Kegiatan tersebut berlangsung di Pendopo Kabupaten Pati.

Haryanto menegaskan bahwa DHC 45 merupakan bentuk semangat perjuangan tahun 1945 yang pada saat itu telah berjuang panjang mengusir penjajah dan merebut kemerdekaan. Akan tetapi, ada perbedaan perjuangan di masa sekarang dibanding dahulu, saat ini perjuangan yang perlu diperbuat adalah mempertahankan NKRI.

“Perlu diketahui, kita berjuang pada zaman dahulu dengan sekarang berbeda. Kalau zaman dulu lawan kita penjajah sudah jelas, namun kalau sekarang lawan kita ialah diri sendiri,” ujar Bupati.

Baca Juga :   Atasi Korban Banjir, Dewan Minta Dinkes Turun Lapangan

Ia mengungkapkan jika Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati selalu berupaya melestarikan saksi-saksi perjuangan para pahlawan yang telah merebut kemerdekaan Indonesia. Salah satu di antaranya, pembuatan maupun renovasi monumen perjuangan. Dirinya menyebut, seperti monumen Brimob, monumen di Pucakwangi, monumen di Hotel Pati dan lainnya.

Dengan monumen perjuangan, maka berguna untuk menunjukkan kepada anak cucu tentang arti perjuangan zaman dahulu.

Oleh karena itu, ia berharap segenap pengurus tetap menyalakan semangat juang 45 dalam membawa organisasi ini. Menurutnya, mengajarkan generasi penerus tentang arti perjuangan yang sesungguhnya sangat penting.

“Dengan menanamkan ideologi Pancasila dalam diri serta kita cinta tanah air, jangan sampai nanti kita itu hanya pintar ilmu pengetahuan tapi tidak mencintai negara,” tandasnya.

Baca Juga :   Refocusing Anggaran Dana Covid-19 di Pati Senilai Rp105 Miliar

Pada momen tersebut, turut hadir Kapolres Pati, Dandim 0718/ Pati, Ketua DHC 45 provinsi, dan Kepala Kesbangpol yang menyaksikan pelantikan di Pendopo Pati. (*)

Komentar

News Feed