oleh

Satlantas Pati Tak Berlakukan Tilang di Tempat dalam Operasi Zebra 2021

Pati, SMJTimes.com – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pati menggelar Operasi Patuh Candi 2021 selama dua pekan nanti. Mulai Senin (15/11/2021) hingga Minggu (28/11/2021).

Kaur Bin Ops Satlantas Pati, Ipda Muslimin, mengungkapkan pelaksaan Operasi Zebra Patuh Candi tahun 2021 ini berbeda dengan operasi zebra pada tahun-tahun sebelumnya. Kalau operasi zebra pada tahun sebelumnya, orientasinya ada pada penegakan hukum.

“Dengan sasaran pelanggaran lalu lintas dan dengan sasaran penindakan dengan tilang,” tutur Ipda Muslimin.

Sedangkan operasi zebra pada tahun ini, lanjutnya, orientasinya tidak kepada penegakan hukum atau tilang, tidak. “Tetapi lebih banyak kegiatan yang bersifat preventif, preentif. Jadi 100 persen secara simpatik,” ungkap dia.

Baca Juga :   Jasad Ditemukan di Pasar Puri

Pihaknya tidak hanya menyasar ketertiban dan keamanan lalu lintas. Tetapi juga mengarah ke pencegahan Covid-19. Hal ini dikarenakan pandemi Covid-19 ini belum berakhir.

“Maka melalui operasi zebra candi ini harapannya dapat terdampak terhadap penurunan Covid-19,” ucap Musliman.

Sedangkan untuk pemberlakuan tilang, pihaknya mengandalkan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) dan Kopek (Kamera Portable Penindakan Kendaraan Bermotor). Jadi tidak kontak langsung dengan pelanggar.

“Jadi melalui kamera yang sudah kita pasang. Termasuk kamera Kopek yang ada di helm petugas. Nanti akan kita kirim ke alamat pelanggar. Jadi kita pastikan tidak ada razia surat-surat,” tandasnya.

Selain itu, dalam operasi zebra patuh candi ini pihaknya juga menggelar beberapa kegiatan. Diantaranya bakti sosial dan  pembagian masker. (*)

Baca Juga :   APBD Terbatas, Pemda Hanya Buka 200 Formasi Seleksi Perades

Komentar

News Feed