oleh

Dilema Dirasakan DLH terkait Aduan Bau Ayam

Pati, SMJTimes.com– Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pati Jawa Tengah menyebut bau kandang ayam mengganggu adalah yang paling banyak diadukan warga Pati tahun ini. Tulus Budiharjo, Plt Kepala DLH Pati mengatakan pasti ada pengadu di setiap kecamatan di Pati.

Bau kotoran ayam dianggap mengganggu aktivitas warga karena sangat menyengat. Selain itu, dampak jangka panjangnya dapat mengganggu kesehatan karena populasi lalat meningkat.

“Hampir merata sekarang yang mengadu. Usaha RPA (Rumah Pemotongan Ayam) kan cukup banyak, dari Pegunungan Muria  sampai pesisir, sampai Pegunungan Kendeng merata se-Kabupaten Pati,” kata Tulus kepada Mitrapost.com saat ditemui di kantornya hari ini, pada Senin (27/9/21).

Baca Juga :   Pemkab Pati Siapkan Pos Pengamanan, Pemudik Bandel Akan di Tes Antigen

Tulus menyebut cukup dilema menanggapi aduan bau kandang ayam. Menurut aturan pendirian kandang ayam harus berjarak setidaknya 500 meter dari permukiman masyarakat. Sayangnya mendirikan kandang ayam di daerah area persawahan atau lahan hijau juga dilarang dalam aturan, melanggar peraturan daerah tentang penyelenggaraan tata ruang.

“Mereka sebetulnya cukup waspada menghindari lokasi yang bersinggungan dengan msyarakat. Tapi karena spotnya banyak ya tetap menyebabkan namanya bau. Apalagi kandang ayam yang konvensional berpotensial menyebarkan bau, yang cukup dilematis sebetulnya bisa pindah wilayah yang jauh seperti di persawahan tapi sulit diizinkan melanggar tata ruang,” kata Tulus.

Menjembatani hal tersebut DLH Pati terus mendorong para pengusaha RPA untuk membuat kandang yang representatif dengan sistem close house lengkap dengan cerobong diatas kandang.

Baca Juga :   Cegah Impor, Pemerintah Perlu Tingkatkan Mutu Produk Pertanian

Kendati demikian membuat kandang ayam yang representatif dibutuhkan biaya yang tinggi, sehingga para pengusaha kecil jarang yang mampu membuat kandang tersebut.

beberapa kesempatan DLH memberi arahan kepada para pengusaha kecil agar membentuk kelompok dan bersama-sama membuat kandang ayam yang representatif.(*)

Komentar

News Feed