oleh

Pemkab Pati Akan Gelar Simulasi Pembukaan Tiga Wisata Alam

Pati, SMJTimes.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati akan lakukan uji coba pembukaan tiga destinasi wisata alam Pati. Tiga destinasi wisata tersebut yakni Wisata Alam Agro Jollong Kecamatan Gembong, Wisata Waduk Gunung Rowo Kecamatan Gembong, dan Wisata Gua Pancur di Kecamatan Kayen.

Plt Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Pati, Edi Sulistyono mengatakan hari ini pihaknya telah mengundang 20 pelaku usaha wisata alam se-Kabupaten Pati. Hal ini dilakukan untuk menyosialisasikan regulasi dan protokol kesehatan di tempat wisata pada masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2.

“Masuk level 2 kita menyiapkan bertahap. Yang jelas wisata ini harus mengantongi izin dari Dinporapar. Menaati prokes dari bupati dan pusat,” kata Edi saat ditemui di Kantor Setda Pati hari ini, Senin (6/9/2021).

Baca Juga :   Pesona Wisata Alam Kota Pati

Kendati demikian, ia belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut kapan dilaksanakannya uji coba ini. Namun, ia menjanjikan tak sampai akhir tahun.

Edi menambahkan, jika uji coba tiga wisata ini berhasil, besar kemungkinan objek pariwisata yang lain juga boleh beroperasi.

Dalam uji coba, tempat wisata tersebut harus memenuhi beberapa indikator. Diantaranya menyiapkan sarana prasana protokol kesehatan, sudah divaksin bagi pengelola dan membatasi jumlah pengunjung.

“Simulasi ini menilai kesiapan destinasi. Indikator keberhasilannya tidak ada penularan Covid-19 di lingkungan wisata. Kalau ada kasus baru langsung tutup,” jelasnya.

Terkait syarat pengunjung harus divaksin, menurutnya Pemkab Pati memberikan kelonggaran lantaran capaian vaksinasi covid-19 belum tinggi dan stok vaksin juga terbatas.

Baca Juga :   Banyak Pengendara Menerobos Jalur, Penyekatan di Pati Tak Maksimal

Edi mengatakan tingkat keberhasilan simulasi sangat bergantung pada ketegasan pengelola pariwisata dalam menindak pengunjung yang melanggar protokol kesehatan. Oleh karenanya, ia meminta pelaku wisata untuk menyiapkan satgas khusus untuk mengawasi protokoler pengunjung di tempat pariwisata.

Sementara wisata non alam, wisata air, dan tempat karaoke ungkap Edi masih belum diperbolehkan beroperasi karena mempunyai risiko penularan virus yang masih tinggi.(*)

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Panggil 20 Pengusaha Wisata Alam, Pemkab Pati Akan Uji Coba Tiga Tempat”

Komentar

News Feed