oleh

Kemenag Beri Kompensasi UKT Mahasiswa PTKN Terdampak Covid-19

SMJTimes.com – Bantu para mahasiswa yang kesulitan ekonomi di masa pandemi, Kementerian Agama membuat kebijakan keringanan Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) Tahun Akademik 2021/2022.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdani di Jakarta, Sabtu (31/7/2021).

“Pandemi Covid-19 telah berdampak pada kondisi ekonomi keluarga, termasuk keluarga mahasiswa PTKN.  Karenanya, kami tahun ini kembali menerapkan kebijakan memberikan keringanan pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT),” kata Ali Ramdani.

Penerapan kebijakan tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 515 Tahun 2020 tentang Keringanan Uang Kuliah Tunggal pada Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri atas Dampak Wabah Covid19 sebagaimana telah diubah dengan KMA Nomor 81 Tahun 2021 tentang Perubahan atas KMA Nomor 515 Tahun 2020 tentang Keringanan UKT pada PTKN atas Dampak Wabah Covid-19.

Baca Juga :   Kasus Covid-19 Terus Melonjak, PTM di Pati Belum Bisa Dipastikan

“Kemenag ingin memastikan kelancaran pembayaran UKT dan meminimalisir angka putus kuliah mahasiswa pada PTKN,” terang pria yang akrab disapa Dani ini.

Lebih lanjut, kebijakan keringanan UKT ini berlaku bagi Mahasiswa Program Diploma dan Program Sarjana pada PTKN yang terdampak Pandemi Covid-19. Keringanan itu berupa pengurangan UKT atau perpanjangan waktu pembayaran UKT.

Tak hanya itu, Kemenag juga meminta PTKN Badan Layanan Umum (BLU) untuk menyediakan keringanan berupa angsuran pembayaran UKT.

Komentar