Cegah Lemak Menumpuk di Perut, Hindari Jenis Makanan Ini

Beberapa orang tidak sensitif dan mungkin mengalami gejala yang buruk secara bertahap terhadap FODMAP apa pun. Laktosa yang ditemukan di semua susu hewan adalah FODMAP yang paling terkenal. Laktosa dipecah di usus kecil oleh enzim yang disebut laktase.

Namun, tubuh menghasilkan lebih sedikit laktase seiring bertambahnya usia, yang berarti makanan olahan susu dengan laktosa dapat menyiksa perut dari waktu ke waktu. IFFGD juga menetapkan, tingkat laktase yang tidak mencukupi dapat dipengaruhi oleh etnis.

  1. Fruktosa berlebih

Makanan dengan banyak fruktosa dapat menyebabkan timbulnya gas, kembung, dan diare, yang merupakan ciri umum sindrom iritasi usus (IBS). Penelitian yang diterbitkan dalam Medical Hypotheses tahun 2015 menjelaskan, kelebihan fruktosa dapat meningkatkan gejala IBS.  Maka dari itu, dengan membatasi fruktosa dalam makanan dapat membuat perbaikan gejala IBS.

  1. Bawang putih, bawang merah, dan gandum

Makanan tertentu seperti bawang merah, bawang putih, dan gandum mengandung sejenis serat yang disebut fruktan. Bagi sebagian orang, fruktan sulit dicerna dan dapat menyebabkan perut kembung.

  1. Camilan asin

Garam dalam bentuk apa pun adalah penyebab utama lemak perut.

Komentar