oleh

5 Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan

SMJTimes.com – Bagi Sebagian orang musik adalah bagian tersendiri dalam hidup mereka. Bahkan, mendengarkan musik bisa membuat orang merasa lebih baik.

Tak heran, jika banyak orang menyertakan music ketika melakukan aktivitas sehari-hari. Mulai dari bekerja, belajar, hingga berolahraga maupun sekadar bersantai.

Lantas, bagaimana peranan mendengarkan musik bagi kesehatan tubuh.

  1. Pembelajaran yang lebih baik

Menurut para ilmuwan, mendengarkan music dapat merangsang otak. Dalam satu studi tahun 2019, orang lebih termotivasi untuk belajar ketika mereka mengharapkan untuk mendengarkan lagu sebagai hadiah mereka.

  1. Dapat meningkatkan daya ingat

Musik juga memiliki efek positif pada kemampuan Anda untuk menghafal.

Dalam penelitian, seorang peneliti memberi orang tugas yang mengharuskan mereka membaca dan kemudian mengingat daftar kata-kata pendek.

Baca Juga :   Kebiasaan Buruk yang Dapat Mengganggu Kesehatan

Mereka yang mendengarkan musik klasik mengungguli mereka yang bekerja dalam diam atau dengan white noise.

  1. Dapat membantu mengobati penyakit mental

Musik benar-benar mengubah otak. Peneliti neurologis telah menemukan bahwa mendengarkan musik memicu pelepasan beberapa zat kimia saraf yang berperan dalam fungsi otak dan kesehatan mental, yakni sebagai berikut.

Dopamin, bahan kimia yang terkait dengan kesenangan dan pusat “hadiah” hormon stres seperti kortisol serotonin dan hormon lain yang terkait dengan kekebalan oksitosin, bahan kimia yang mendorong kemampuan untuk terhubung dengan orang lain

Meskipun penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk memahami secara tepat bagaimana musik dapat digunakan secara terapeutik untuk mengobati penyakit mental, beberapa studi menyarankan bahwa terapi musik dapat meningkatkan kualitas hidup dan keterhubungan sosial bagi penderita skizofrenia.

  1. Menurunkan tingkat kecemasan

Ada banyak bukti bahwa mendengarkan musik dapat membantu menurunkan kecemasan seseorang. Sejumlah studi menunjukkan bahwa orang di rehabilitasi setelah stroke lebih santai setelah mereka mendengarkan musik selama satu jam. Tak hanya itu, musik dicampur dengan suara alam membantu orang merasa kurang cemas.

  1. Membantu meringankan gejala depresi

Sebuah ulasan penelitian berjudul “Reviewing the Effectiveness of Music Interventions in Treating Depression” menyimpulkan bahwa mendengarkan musik, terutama klasik yang dikombinasikan dengan jazz, memiliki efek positif pada gejala depresi, terutama ketika ada beberapa sesi mendengarkan yang dilakukan oleh terapis musik bersertifikat.

Baca Juga :   13 Cara Mudah Mengecilkan Paha dan Betis yang Menyehatkan

 

Komentar

News Feed