oleh

Gencarkan Vaksinasi, Puskesmas Sukolilo Keliling Desa

Pati, SMJTimes.com – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kecamatan Sukolilo I lakukan vaksinasi Covid-19 keliling ke desa-desa. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Puskesmas UPTD Kecamatan Sukolilo I, dr. Rahmad Julyanto saat dihubungi, Rabu (14/7/2021).

Sejak hari ini, pihaknya melakukan vaksinasi Covid-19 secara keliling guna menjangkau ke seluruh penjuru desa di Kecamatan Sukolilo. Vaksinasi tersebut ditujukan kepada warga pada usia 18 tahun ke atas dan para warga yang hendak mencairkan bantuan sosial (Bansos). Baik Bantuan Langsung Tunai (BLT) hingga Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Pada Rabu, 14/7/2021, Puskesmas UPTD Kecamatan Sukolilo I melakukan vaksinasi Covid-19 di Desa Cengkalsewu, tepatnya di Balai Desa Cengkalsewu mulai pukul 08.30 WIB.

Baca Juga :   Mitigasi Tempat Ibadah Guna Cegah Penyebaran Covid-19

“Mulai hai ini kami lakukan jemput bola. Kami berkeliling melakukan vaksinasi dari Senin sampai dengan Kamis ke desa-desa. Sasaran vaksinasi kami bagi warga yang hendak mencairkan bansos,” ungkap Rahmad.

Hari ini, pihaknya menargetkan 230 warga yang akan divaksinasi. Ia menambahkan bukan hanya penerima bansos saja, tetapi ia memberikan kesempatan bagi warga desa tersebut yang ingin vaksinasi.

Hal ini dilandasi dengan keputusan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati bahwa vaksinasi menjadi syarat pengambilan bansos. Upaya ini dilatarbelakangi banyaknya masyarakat yang tidak mau vaksinasi, khususnya orang lanjut usia (Lansia).

Selain itu, Rahmad menganggap langkah keliling yang dilakukannya sebagai bentuk penndekatan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga masyarakat tidak perlu melakukan mobilitas menuju Puskesmas.

Baca Juga :   Dewan Imbau Persiapan dan Pelaksanaan Pilkades Tekankan Prokes Ketat

Selain itu, pada hari ini pihaknya juga melakukan sosialisasi vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat di Desa Wotan. Hal ini dilakukan demi memberi pemahaman tentang manfaat dan kegunaan vaksin untuk meningkatkan sistem imun.

Puskesmas UPTD Kecamatan Sukolilo I menjadwalkan hari ini sampai besok menyelesaikan target vaksinasi Covid-19 di Desa Cengkalsewu. Selanjutnya, pada hari Senin sampai Selasa akan menuju Desa Baturejo. Kemudian, Rabu sampai Jumat akan ke Desa Wotan.

“Sejauh ini kami tidak mengalami kendala yang signifikan,” pungkasnya. (*)

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Maksimalkan Jatah Vaksinasi, Puskesmas Sukolilo Lakukan Jemput Bola”

Komentar

News Feed