oleh

Disdikbud Pati Desak MGMP Adakan Tryout PPPK Bagi Guru Honorer

Pati, Mitrapost.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati mendorong MGMP Pati untuk mengadakan tryout Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) menjelang diadakannya Computer Assisted Test (CAT) Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang diselenggarakan pada Agustus 2021.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Disdikbud Kabupaten Pati, Ponco Sugiharto, diadakannya tryout tersebut nantinya diperuntukkan kepada pelamar PPPK Guru dengan usia di atas 35 tahun. Hal ini disampaikan setelah mendengar masukan dari beberapa guru-guru honorer yang khawatir bersaing dengan pelamar guru berusia muda.

“Kami sarankan kepada organisasi-organisasi guru sebagaimana MGMP, PGRI dan lain-lain memberikan semacam pelatihan kepada para THK-II menjelang diadakannya tes PPPK,” ucapnya, Rabu (14/7/2021).

Baca Juga :   PSG Pati Ikut Piala Walikota Solo

“Karena ini permintaan dari para guru langsung,” imbuh Ponco.

Adanya tryout PPPK, nantinya guru yang telah berumur diberikan pelatihan berupa strategi mengerjakan soal CAT UNBK, diberikan motivasi-motivasi belajar soal-soal CAT UNBK, dan kisi-kisi yang kemungkinan muncul pada CAT UNBK tahun ini.

“Kalau bisa mengundang narasumber dari praktisi yang berpengalaman. Tidak usah dari pakar atau ahli. Yang dibutuhkan di sini sharing pengalaman dari para orang-orang yang mampu lolos seleksi tersebut,” tandasnya.

Kekhawatiran itu muncul apabila kesempatan lolos guru honorer usia 35 tahun ke atas akan sempit. Padahal, banyak guru honorer yang sudah mengabdi hingga belasan bahkan puluhan tahun.

“Bayangkan ada orang usia 50 tahun yang telah mengabdi 20 tahun disuruh bersaing melawan tamatan lulusan baru yang usianya lebih muda jauh dari mereka,” tuturnya.

Baca Juga :   Hak Masyarakat Perlu Dijamin Selama PPKM Mikro Berjalan

Ponco mengungkapkan, kegiatan seperti ini jarang diadakan teruntuk THK atau guru honorer usia di atas 35 tahun. Kegiatan tersebut dilakukan dengan cara swadaya dari organisasi penyelenggara. (*)

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “MGMP Didesak Gelar Tryout PPPK Bagi Guru Honorer Usia 35 ke Atas”

Komentar

News Feed